Kamis, 30 Mei 2024

Hadapi Arus Mudik, Lanal Banyuwangi Gelar Patroli Laut di Perairan Selat Bali

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi melaksanakan patroli jalur laut di Perairan Selat Bali mulai Jumat (5/4). Langkah ini merupakan bagian dari peningkatan pengamanan laut selama periode Lebaran 2024.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz mengatakan satuannya telah melakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi arus mudik.

Ia merinci setidaknya telah menyiapkan sejumlah kapal untuk patroli yakni Kapal Angkatan Laut (KAL) hingga boat kecil seperti rigid hulled rubber boat (RHIB) dan rigid bouyancy boat (RBB).

Baca Juga: Bawa Pemudik dari Jakarta, KRI Banda Aceh Tiba di Semarang dan Surabaya

“Seperti dalam hal ini KAL Sembulungan II-5-42, RHIB dan RBB yang dilengkapi dengan peralatan SAR untuk melaksanakan pengamanan arus mudik lebaran disekitar Perairan Selat Bali,” jelas Hafidz.

Ia menuturkan kegiatan ini merupakan patroli laut pertama bagi KAL Sembulungan II-5-42. Menurut Hafidz, KAL Sembulungan langsung digunakan untuk patroli sejak kapal berteknologi canggih ini tiba di Banyuwangi pada Selasa (2/4) lalu.

Selain KAL Sembulungan, Hafidz mengatakan pihaknya juga menyiagakan KAL Rajegwesi dan sejumlah armada penunjang lainnya sepanjang 4-16 April 2024.

Baca Juga: KRI Diponegoro Pamer Kekuatan di Depan 4 Kapal Perang Asing

“Rute patroli di antaranya adalah penyebrangan lintas Ketapang – Gilimanuk, hingga Dermaga Jangkar, Situbondo. Dermaga ini menjadi jalur mudik dari Jawa ke wilayah Madura,” jelasnya.

Selain untuk memastikan kelancaran mudik, Hafidz menjelaskan patroli ini juga dilakukan untuk mewaspadai segala potensi ancaman.

“Dengan patroli yang dilaksanakan oleh Lanal Banyuwangi ini diharapkan bisa memberikan rasa aman bagi para pemudik dari potensi ancaman yang dapat mengganggu kelancaran dan keamanan arus mudik lebaran,” pungkas Hafidz. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER