Delegasi Kemhan Tinjau Kendaraan Tempur Kozak 2M Ukraina

40
Photo Dok. Kemlu

Ukraina, IDM – Delegasi Kementerian Pertahanan RI dipimpin Bapak N. Ponang Djawoto (Marsekal Madya Angkatan Udara) selaku Direktur Jenderal Kekuatan Pertahanan-Kementerian Pertahanan RI, telah mengadakan kunjungan kerja ke Kyiv, Ukraina pada 2-4 September 2020.

Selain delegasi Kemenhan RI turut hadir pula delegasi PT Pindad dan delegasi PT. LEN Industri. Kunjungan diadakan sebagai tindak lanjut kunjungan kerja Wakil Menteri Pertahanan RI pada Februari 2020 dan sebagai implementasi Perjanjian Kerja Sama Bilateral Bidang Pertahanan yang telah ditandatangani tahun 2016 dan telah diratifikasi kedua negara. Kegiatan utama kunjungan antara lain melakukan Courtesy dan Pertemuan dengan Oleksandr Myroniuk, Wakil Menteri Pertahanan Ukraina.

Kendaraan Kozak 2M Dibeli dari Ukraina (Photo :Kemlu)

Pada saat pertemuan, Pihak Ukraina menyampaikan secara resmi surat dari Menteri Pertahanan Ukraina kepada Menteri Pertahanan RI berisikan undangan kepada Menhan RI untuk dapat melakukan kunjungan resmi ke Ukraina pada waktu yang disepakati Bersama.

Untuk lebih mengetahui lebih banyak mengenai kemampuan industri alutsista setempat, Delegasi selanjutnya mengadakan kunjungan ke beberapa perusahaan industri BUMN dan swasta setempat, termasuk, melihat kesiapan 2 (dua) jenis kendaraan angkut pasukan beroda (APC) ‘Kozak II M’ yang dibeli pihak Indonesia dan direncanakan akan diikutkan dalam parade militer dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Angkatan Bersenjata Republik Indonesia ke-75 bulan Oktober 2020 mendatang. (wan/man)