Selasa, 28 Mei 2024

Cegah Infiltrasi Kelompok Kurdi, Iran Perkuat Keamanan Perbatasan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Iran telah mengerahkan unit lapis baja dan pasukan khusus di sepanjang perbatasan utara dengan Irak, Jumat (25/11). Pasukan tambahan ini ditugaskan untuk memperkuat keamanan dan mencegah infiltrasi kelompok Kurdi yang berbasis di Irak.

Dilansir dari Irna.ir, Jumat (25/11), Kepala the Islamic Revolutionary Guard Corps (IRGC) Jenderal Mohammad Pakpour mengatakan telah mengerahkan unit pasukan lapis baja dan pasukan khusus untuk mencegah penyelundupan senjata dan masuknya kelompok oposisi Kurdi di perbatasan. “Langkah itu akan dilakukan sejalan dengan mencegah infiltrasi tim teroris yang berafiliasi dengan kelompok separatis yang ditempatkan di wilayah utara Irak,” ujar Pakpour.

Pakpour menegaskan bahwa IRGC akan berkoordinasi dengan warga di sekitar perbatasan untuk mempertahankan keamanan negaranya. “Angkatan bersenjata akan menggunakan kerja sama dan koordinasi dengan penduduk lokal patriot yang tinggal di daerah perbatasan untuk melawan unsur-unsur yang mencoba membuat negara tidak aman,” ujar Pakpour.

Baca: Latma Keris Marex Korps Marinir dan USMC Sukses Terlaksana

Dilansir dari AP, Jumat (25/11), Iran memiliki beberapa pangkalan militer di dekat perbatasan Irak dan pasukannya telah hadir di sana secara bergilir selama beberapa dekade. Hal tersebut dilakukan karena IRGC menganggap kelompok oposisi Kurdi sebagai dalang dari protes anti-pemerintah di negaranya. Namun, klaim tersebut dibantah oleh Kurdi dan hingga saat ini militer Iran tegas terhadap Kurdi. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER