Senin, 27 Mei 2024

Brigjen TNI Choirul Anam, Jenderal Kopassus yang Dimutasi Jadi Panglima Divif 3 Kostrad

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Hari Sabtu, (1/4) kemarin ratusan prajurit tempur Divisi Infanteri 3 Kostrad menyambut kedatangan Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 Kostrad baru, Brigjen TNI Choirul Anam di Markas Komando Divif 3 Kostrad, Pakatto, Gowa, Sulawesi Selatan.

Choirul disambut dengan berbagai tradisi satuan dan juga tarian adat dari Sulawesi Selatan.

Dilansir dari keterangan resmi Puspen TNI, Choirul dipromosikan menjadi Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 3/Kostrad menggantikan Mayor Jenderal Novi Helmi Prasetya.

Baca Juga: Puluhan Pesawat Tempur TNI AU Mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Ada Apa?

Promosi jabatan yang diraih Choirul tertuang dalam surat keputusan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono nomor: Kep/267/III/2023 pada 8 Maret 2023.

Lalu seperti apakah rekam jejak Choirul di dunia militer?

Dilansir dari Kompas, Senin, (3/4) Choirul merupkan perwira tinggi TNI Angkatan Darat abituren Akademi Militer (Akmil) 1994 dengan spesialisasi kecabangan infanteri.

Dengan penguasaan kecabangan tersebut, Choirul selepas menamatkan pendidikannya di Akmil memilih bergabung dengan pasukan elite TNI Angkatan Darat, yakni Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Periode awal karier Choirul di militer lebih banyak berkutat di Korps Baret Merah.

Baca Juga: Keliling Dunia Selama Tujuh Bulan, Ini Rute yang Dilalui KRI Bima Suci

Pada 1996, Choirul menduduki posisi sebagai Komandan Peleton (Danton) II Ki-I Batalion 12 Grup 1 Kopassus dan Pasi Intel Ops Den 521 Kopassus pada 1997.

Selanjutnya, Choirul dipercaya menjadi Perwira Sandi Grup 5 Kopassus pada 1999 dan Komandan Tim Intelijen 2 Grup 5 Kopassus pada 2020.

Lebih jauh ke depan, Choirul ketika menyandang pangkat kolonel pernah menjadi Atase Pertahanan Republik Indonesia di Afrika Selatan pada 2014 dan Perwira Pembantu (Paban) Utama A-5 Dit A Bais TNI pada 2018.

Baca Juga: Danrem 064/MY Bantu Mempertemukan Seorang Ibu dan Anaknya Setelah 18 Tahun Tidak Bertemu

Karier militer Choirul berlahan kian merangkak naik dengan ditunjuk menjadi Komandan Rindam XVIII/Kasuari pada 2020 dan Perwira Menengah Ahli Pangdam VI/Mulawarman Bidang Ilpengtek dan LH pada 2021.

Kemudian, Choirul mendapat promosi jabatan menjadi Komandan Korem 163/Wira Satya dengan pangkat brigadir jenderal.

Kini, dengan jabatan Pangdivif 3/Kostrad yang akan diembannya otomatis ia bakal mendapat kenaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula, yakni mayor jenderal atau jenderal bintang dua. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER