Minggu, 26 Mei 2024

Cina Sebut AUKUS Memicu Perlombaan Senjata

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Cina kembali mengecam langkah Australia, Inggris dan Amerika Serikat (AS) yang meningkatkan kerja sama melalui AUKUS. Pakta pertahanan tersebut dinilai akan merusak perdamaian dan stabilitas regional.

“China dengan tegas menentang pembentukan apa yang disebut Pakta Pertahanan Trilateral antara AS, Inggris, dan Australia. Lingkaran kecil semacam ini, yang didominasi oleh mentalitas Perang Dingin, tidak bermanfaat dan sangat berbahaya,” ujar Juru Bicara Kementerian Pertahanan Cina Tan Kefei melansir Chinamil.com, Senin (3/4).

Baca Juga: Prancis Segera Operasikan Kapal Selam Nuklir SSN Duguay-Trouin

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa AUKUS berisiko menimbulkan proliferasi nuklir sekaligus memicu perlombaan senjata. Hal ini dikarenakan melalui AUKUS, Australia akan menjadi salah satu negara yang memiliki kapal selam bertenaga nuklir. Langkah ketiga negara itu akan membuat negara-negara lain termasuk Cina, perlu meningkatkan kekuatan persenjataan dan meningkatkan ketegangan regional.

“Kerja sama semacam itu merupakan perpanjangan dari kebijakan pencegahan nuklir masing-masing negara, dan itu adalah alat permainan bagi mereka untuk membangun ‘NATO versi Asia-Pasifik’ serta mempertahankan hegemoni mereka sendiri,” jelas Tan.

Baca Juga: AS Sebut Rusia Cari Pasokan Amunisi dari Korut

Menurutnya, negara-negara tersebut menggunakan narasi ‘ancaman Cina’ sebagai alasan membentuk AUKUS. Tan pun menegaskan bahwa Cina memiliki visi membangun perdamaian global dan AS lah yang telah menciptakan ancaman di berbagai belahan dunia.

“Untuk waktu yang lama, Amerika Serikat memiliki anggaran pertahanan tertinggi di semua negara di dunia, dan Amerika Serikat juga mengobarkan perang dan menciptakan kekacauan di mana-mana,” pungkas Tan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER