Senin, 15 April 2024

Bertemu Biden di AS, Zelensky Tegaskan Tekad Perdamaian

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melakukan kunjungan luar negeri pertama sejak diinvasi Rusia pada Februari lalu. Ia menemui Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk diskusi strategis tentang langkah ke depan di medan perang.

Dilansir dari President.gov.ua, Kamis (22/12), Zelensky menyampaikan rasa terima kasih kepada AS atas dukungan dalam memerangi invasi Rusia saat tiba di White House, Washington DC pada Rabu (21/12). AS telah menjadi sekutu yang sangat penting karena selain membantu sistem persenjataan tetapi juga mempertahankan koalisi global melalui berbagai organisasi internasional.

“Selama 300 hari perang, kami benar-benar memulai tahap baru dalam hubungan Ukraina dan AS. Saya ingin berterima kasih kepada Presiden Biden atas dukungan dan pemahamannya tentang Ukraina. Dan juga dalam membangun dan mempertahankan koalisi internasional untuk memperkuat tatanan hukum internasional.” ujar Zelensky.

Menurut Zelensky, kunjungannya ini merupakan hal yang bersejarah dalam hubungan bilateral antara Ukraina dan AS. Pertemuan ini juga menjadi titik penting untuk membahas upaya melawan invasi Rusia dan memulihkan infrastruktur yang hancur terutama sektor energi dalam menghadapi musim dingin.

Zelensky menegaskan bahwa upaya lebih lanjut yang dapat dilakukan adalah membentuk KTT Formula Perdamaian Global. Ia mengatakan kepemimpinan AS dalam implementasi formula perdamaian dapat berpengaruh besar terhadap kondisi perang di Ukraina.

“Kami menawarkan poin yang sangat spesifik dan apa yang dapat dilakukan Amerika untuk membantu memenuhinya. Kami menawarkan KTT Formula Perdamaian Global. Penting untuk menjaga inisiatif dan mencari cara untuk memulihkan integritas teritorial Ukraina dan tatanan internasional,” tegas Zelensky.

Baca: Prancis Kirim Sistem Pertahanan Udara ke Ukraina

Sementara itu, Biden mencatat bahwa kunjungan Zelensky saat ini sangat penting agar dunia mendengar secara langsung tentang dukungan yang dibutuhkan Ukraina, termasuk formula tersebut pada tahun 2023. Ia meyakinkan Zelenskyy bahwa AS akan mendukung selama diperlukan.

Formula Perdamaian Global yang diusulkan Zelensky berisi sepuluh poin upaya mengakhiri perang. Beberapa poin dalam formula ini adalah penandatanganan perjanjian damai termasuk jaminan keamanan nuklir, keamanan pangan dan energi serta penarikan militer Rusia dari Ukraina. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER