Minggu, 26 Mei 2024

Bakamla RI Bakal Dapat Hibah Drone dari AS

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI bakal dapat hibah drone dari Amerika Serikat (AS). Hal tersebut termuat dalam pertemuan Bakamla dengan International Narcotics and Law (INL) Enforcement di Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Rabu (21/6).

Mengutip keterangan dari Bakamla RI, Kamis (22/6) diskusi terkait hibah tersebut masih berlangsung. Sejumlah hal seperti spefisikasi teknis dan detail menjadi deretan pembahasan yang digodok keduanya.

Baca Juga: Seorang Kolonel TPNPB-OPM Ditembak Mati Sniper TNI

“Pemerintah AS melalui INL akan menghibahkan drone. Spesifikasi teknis dan detail kebutuhan masih dalam proses pembahasan karena mempertimbakan kebijakan dan ketentuan Pemerintah RI yang berlaku,” demikian tertulis dalam keterangan Bakamla RI.

Selain pembahasan soal hibah drone, bertandangnya INL Enforcement ke Indonesia sekaligus untuk mendiskusikan sejumlah hal, khususnya terkait kerja sama penegakan hukum maritim.

Persoalan lain yang dibahas dalam perjumpaan tersebut berkaitan dengan pembangunan Bakamla Training Center di Batam yang kini telah memasuki 90 persen. Pembangunan yang terdiri dari tempat pelatihan, barak hingga simulator itu rencananya bakal diserahterimakan sekitar Juli 2023.

Baca Juga: Tingkatkan Keamanan di Laut Sarmi, TNI AL Dirikan Pangkalan Militer

“Saat ini, proses pembangunan training center sudah 90 persen dan memasuki fase 2, yaitu penyelesaian pembangunan dan fase 3 yaitu furniture, fixture, dan equipment (FFE),” tulis keterangan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, kehadiran INL Enforcement yang diwakili oleh Direktur INL untuk Asia dan Eropa James Applegate dan Direktur INL untuk Indonesia Ken Zurcher disambut langsung oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER