Senin, 26 Februari 2024

Angkatan Laut Indonesia-Prancis Tingkatkan Kerja Sama Stabilitas Kawasan Indo-Pasifik

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI AL dan Angkatan Laut Prancis (French Navy) menyepakati peningkatan kerja sama dalam membangun stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik.

Dikutip dari keterangan Dispenal, Senin (26/6), hal tersebut dilakukan pascadiskusi antara Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dengan KSAL Prancis Laksamana Pierre Vandier, di Paris, Jumat (23/6).

Baca Juga: Kunker ke AS, Panglima TNI Bahas Kerja Sama Militer

Pemimpin angkatan laut kedua negara ini juga akan meningkatkan kapasitas kerja sama dalam bentuk sejumlah latihan antar-unsur di laut.

Kunjungan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali
(Foto: Dok. Dispenal)

Selain itu, TNI AL dan Angkatan Laut Prancis turut sepakat tetap menjaga sikap saling mendukung peran dan fungsi masing-masing dalam interaksi kegiatan-kegiatan multinasional, seperti Indian Ocean Naval Symposium (IONS) dan Western Pacific Naval Symposium (WPNS).

Kunjungan Ali ke Prancis ini merupakan rangkaian kegiatan lawatan resminya ke luar negeri. Sebelumnya, Ali mengunjungi Turki untuk meningkatkan kerja sama antar-angkatan laut serta mengunjungi industri pertahanan maritim Turki.

Baca Juga: Panglima TNI Bahas Stabilitas Keamanan Laut China Selatan dengan Jenderal Milley

Pada kesempatan itu, Ali bersama Komandan Angkatan Laut Turki Laksamana Ercument Tatlioglu, sepakat meningkatkan kerja sama bilateral pertahanan laut, khususnya bidang penggunaan teknologi maritim.

Tak hanya itu, keduanya juga membahas kerja sama bilateral lainnya, yakni bidang latihan dan pendidikan serta pertukaran informasi. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER

Jenderal Asal Timor Leste Jadi Danrem 161/Wira Sakti

Daftar Lengkap 33 Pati TNI AD yang Dirotasi dan Mutasi

Daftar Lengkap 20 Pati TNI AD yang Naik Pangkat