Senin, 4 Maret 2024

10 KRI Akan Terlibat dalam Multilateral Naval Exercise (MNEK) 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah, mengungkapkan TNI AL bakal mengirimkan 10 KRI untuk Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Makassar, pada Juni mendatang.

Selain itu, lanjut Maman, TNI AL juga bakal mengirimkan dua helikopter Panther, satu pesawat udara CN-235, dua helikopter Bell, satu pesawat udara Cassa, dan lima sea rider Komando Pasukan Katak (Kopaska). 

Baca Juga: TNI AU dan RAAF Gelar Air Staff Talks, Ini yang Dibahas

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan akan ada 34 negara yang mengikuti MNEK ke-4 yang berlangsung dari 5-8 Juni dengan melibatkan 17 kapal luar negeri.

“MNEK adalah latihan non-perang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional,” jelasnya dikutip dari laman resmi TNI AL, Sabtu (27/5).

Baca Juga: Enam Penerbang Tempur TNI AU Rampungkan Pelatihan Counter Sea Tactics

Latihan pada MNEK 2023 terdiri dari penanggulangan bencana serta operasi kemanusiaan, untuk mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat.

“Suksesnya pelaksanaan kegiatan MNEK sangat tergantung dari kesiapan personel dan materiil yang digunakan, disertai perencanaan matang dan kerja sama antar-satuan tugas,” tandasnya. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER