Jumat, 14 Juni 2024

TNI AU dan TUDM Akan Gelar Patroli Udara Bersama dengan Pesawat Tempur F-16 hingga F-18

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Angkatan Udara Diraja Malaysia (TUDM) berencana untuk melaksanakan patroli udara bersama pada 20 hingga 22 Mei 2024.

Hal tersebut menjadi salah satu poin pembahasan dalam rapat kordinasi Malindo Siri I tahun 2024 yang sukses digelar di Pulau Penang, Malaysia pada 6 hingga 8 Mei 2024.

Baca Juga: KSAL Serahkan Ratusan Paket Bantuan Masyarakat Pesisir di Madura dan Surabaya

Rapat koordinasi Malindo Siri I ini menjadi bagian penting bagi angkatan udara kedua negara dalam upaya untuk meningkatkan kerja sama serta kemitraan yang telah terjalin dengan baik.

Delegasi TNI AU dan TUDM
Delegasi TNI AU dan TUDM menggelar rapat koordinasi Malindo Siri I 2024 di Pulau Penang, Malaysia. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

“Salah satu poin penting yang dibahas adalah rencana pelaksanaan patroli udara bersama yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari pada 20 hingga 22 Mei 2024,” tulis TNI AU dikutip Sabtu (11/5).

“Patroli tersebut akan melibatkan pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Riau dan pesawat tempur F-18 dari Skadron 18 TUDM,” sambung TNI AU.

Baca Juga: TNI AU Raih Penghargaan atas Respons Cepat Penanganan Bencana Banjir dan Longsor Luwu

Pada kesempatan yang sama, delegasi TNI AU dan TUDM juga merumuskan langkah-langkah untuk mengoptimalkan patroli udara terkoordinasi serta pertukaran informasi guna meningkatkan efektivitas pengawasan udara di wilayah udara masing-masing.

Dengan adanya patroli bersama ini diharapkan stabilitas keamanan wilayah udara Indonesia dan Malaysia dapat terjaga dengan baik. Lebih lanjut, kegiatan yang sama juga menjadi bukti nyata atas komitmen TNI AU serta TUDM dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER