Jumat, 14 Juni 2024

‘Whisky War’ Perang Paling Damai

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Tahukah kalian, Denmark dan Kanada pernah bersitegang masalah perbatasan?

Mereka pernah bersengketa atas Pulau Hans yang terletak persis di tengah antara wilayah Kanada dan Greenland. Sementara Greenland adalah wilayah milik Denmark yang berada di Kutub Utara.

Mengutip dari nytimes.com, Sabtu (25/3), Pulau Hans sendiri hanyalah pulau kecil yang tidak bisa dihuni dari sejak 1970 mereka secara bergantian datang ke pulau itu untuk menancapkan bendera mereka.

Pulau Hans
Ilustrasi letak Pulau Hans di antara Kanada dan Greenland, Denmark. (Dok. Twitter @Goodable)

Militer Kanada datang ke Pulau Hans untuk menancapkan bendera mereka dan menghilangkan bendera Denmark. Selang beberapa waktu, militer Denmark datang dan menancapkan bendera mereka dan menghilangkan bendera Kanada dan berlangsung terus-menerus secara bergantian.

Baca Juga: Tupolev Tu-16, Pesawat Pembom Strategis dan Penggetar TNI AU di Era 1960-an

Setiap tentara Kanada datang, mereka meninggalkan sebotol Whisky untuk tentara Denmark. Begitu juga sebaliknya, ketika tentara Denmark datang untuk mengganti bendera, mereka meninggalkan sebotol Akvavit, yaitu minuman alkohol khas Denmark yang terbuat dari kentang dan biji-bijian.

Sampai pada September 2005, akhirnya pemerintah Kanada dan Denmark menyepakati untuk membagi dua pulau tersebut sebagai batas antarmasing-masing negara. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER