Rabu, 28 Februari 2024

Puspenerbad Terima Tactical Rinse System dari Amerika

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pusat Penerbang TNI Angkatan Darat (Puspenerbad) yang diwakili Wakil Komandan Puspenerbad Brigjen TNI A. Yudi Hartono menerima hibah Tactical Rinse System (TRS) dari pemerintah Amerika Serikat di apron Skadron-21/Sena, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa (21/3).

TRS yang merupakan alat cuci otomatis pesawat udara untuk meningkatkan pemeliharaan tingkat ringan alutsista pesawat dan helikopter Puspenerbad ini diserahkan oleh Chief of Office Defense Cooperation Kedubes Amerika Serikat Colonel Ian E. Francis kepada Kementerian Pertahanan yang diwakili oleh Heru Haryoko selaku Kasi Minbend BMN Subdit Takol Ditmat Ditjen Kuathan Kemhan yang kemudian diserahkan ke Puspenerbad.

TRS sendiri adalah suatu alat otomatis yang digunakan untuk mencuci pesawat terbang sayap tetap kecil maupun pesawat terbang sayap putar (helikopter) untuk menghindari kerusakan dan sifat korosif atau karat dari cuaca dan kondisi medan.

Baca Juga: KSAU Terima Laporan Perwira TNI AU Lulusan Air Battle Management Course Prancis

Sebelumnya Puspenerbad sudah memiliki 1 unit TRS di Skadron-11/Serbu Puspenerbad Semarang guna mengantisipasi potensi korosi yang disebabkan oleh kualitas air tanah yang kurang baik.

Selain itu Puspenerbad juga memiliki satuan operasional yakni Skadron-21/Sena Puspenerbad di Pondok Cabe. Oleh karena itu TRS juga perlu ditempatkan untuk meminimalkan korosi yang timbul pada pesawat udara.
Pemberian hibah ini menjadi upaya terhadap pemeliharaan alutsista, seiring dengan adanya helikopter tempur Apache AH-64E di satuan Puspenerbad yang berasal dari Amerika. (nhn)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER