Selasa, 21 Mei 2024

KSAU Terima Laporan Perwira TNI AU Lulusan Air Battle Management Course Prancis

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menerima laporan dan paparan hasil pendidikan Air Battle Management (ABM) Course yang berhasil ditempuh oleh enam perwira TNI Angkatan Udara (TNI AU), bertempat di Mabesau, Cilangkap, Jakarta, Jumat (24/3).

Enam perwira yang berasal dari Korps Penerbang dan Elektronika tersebut memaparkan hasil pelaksanaan pendidikan yang mereka tempuh selama kurang lebih tiga minggu, mulai dari 27 Februari 2023 hingga 17 Maret 2023 di Defense Conseil International (DCI), Prancis.

Baca Juga: Pangkostrad Pimpin Sertijab Pangdivif 3 Kostrad

Keenamnya memperoleh materi pelajaran dalam bentuk teori yang kemudian diakhir dengan simulasi. “Selama berlangsungnya pendidikan, proses belajar diakhiri dengan assessment oleh pihak lembaga DCI dan para perwira tersebut dinyatakan lulus dengan hasil yang memuaskan yaitu di atas standar kelulusan DCI,” demikian dikutip dari keterangan Dispenau dalam Instagram @militer.udara, Sabtu (25/3).

KSAU
Delegasi TNI AU dan Uni Emirat Arab saat mengikuti pendidikan Manajemen Pertempuran Udara di Defense Conseil International (DCI). (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Tidak hanya sekadar menempuh pendidikan, para perwira TNI AU juga berkesempatan untuk berinteraksi dan bertukar pengetahuan dengan sesama personel angkatan udara dari negara lainnya lantaran mereka belajar dalam satu kelas yang sama.

Baca Juga: Panglima TNI Lepas 850 Prajurit Satgas Operasi Pengamanan Papua

Untuk itu, dapat dikatakan jika pendidikan ABM memiliki nilai tambah karena kegiatan ini sekaligus meningkatkan kerja sama dan interoperabilitas di antara perwira TNI AU dengan negara lainnya.

Sebelumnya diinformasikan, delegasi TNI AU mempelajari ilmu Manajemen Pertempuran Udara (Air Battle Management) yang didapat langsung dari para instruktur DCI. Fokus materi yang dipelajari meliputi ancaman udara, perencanaan operasi udara, pelaksanaan operasi udara, pertahanan siber, dan manajemen sumber daya manusia (SDM). (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER