Minggu, 14 April 2024

Wamenhan Hadiri Pelepasan Bantuan Kemanusiaan ke Mesir dan Sudan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra mewakili Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri pelepasan bantuan kemanusiaan Indonesia ke Mesir dan Sudan di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4).

Mengutip keterangan dari laman resmi Kementerian Pertahanan, agenda tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menyebut langkah ini sebagai dukungan nyata Indonesia terhadap perdamaian dunia.

“Pemerintah Indonesia sangat berkomitmen menjaga perdamaian dunia serta terlibat aktif dalam visi misi kemanusiaan, baik yang terjadi sebagai akibat perang maupun karena bencana alam,” tutur Jokowi.

Baca Juga: Menhan Prabowo dan PM Jepang Bahas Isu Keamanan dan Peningkatan Kolaborasi

Adapun bantuan terdiri dari berbagai kebutuhan, termasuk peralatan kesehatan dan obat-obatan yang diangkut dengan pesawat Garuda Indonesia. Jokowi mengungkap Indonesia menggelontorkan dana hingga puluhan miliar untuk memenuhi komitmen tersebut.

“Bantuan yang dikirimkan hari ini senilai kurang lebih 30 miliar rupiah, berupa obat-obatan dan peralatan kesehatan,” kata Jokowi.

“Juga bantuan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan sesuai dengan permintaan resmi dari Pemerintah Mesir dan Pemerintah Sudan,” sambungnya.

Baca Juga: Tugas Perdana, KAL Sembulungan II-5-40 Dikerahkan untuk Patroli Laut Jelang Lebaran

Melansir antaranews, Kementerian Luar Negeri RI sebelumnya menerima nota diplomatik dari Mesir dan Sudan tentang permohonan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat yang saat ini menghadapi konflik dan wabah penyakit.

Dalam nota tersebut, Pemerintah Mesir mengharapkan bantuan Indonesia untuk menanganu pengungsi Palestina yang masuk ke wilayah Mesir, sekitar Rafah Mesir (Gurun Sinai Utara), akibat adanya invasi Israel ke wilayah Gaza, Palestina.

Selain Herindra, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto; Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo; Duta Besar Mesir dan Duta Besar Sudan serta sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju juga turut mendampingi Jokowi melepas bantuan tersebut. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER