Senin, 15 April 2024

Menhan Prabowo dan PM Jepang Bahas Isu Keamanan dan Peningkatan Kolaborasi

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Fumio Kishida di Tokyo, Rabu (3/4). Pada kesempatan tersebut, Jepang mengungkapkan akan memperdalam hubungan keamanan dengan Indonesia.

“Jepang sangat mementingkan kerja sama dengan Indonesia dalam menjaga dan memperkuat tatanan internasional yang bebas dan terbuka berdasarkan supremasi hukum,” kata Kishida, dikutip dari keterangan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

Adapun istilah ‘bebas dan terbuka’ dan ‘rule of law’ ini sering digunakan oleh Amerika Serikat dan para sekutunya termasuk Jepang untuk merujuk secara terselubung dalam melawan meningkatnya ketegasan Cina di kawasan Asia-Pasifik.

Baca Juga: Panglima Mutasi 53 Jabatan Perwira Tinggi TNI AL, Siapa Saja?

“Jepang akan memajukan kerja sama keamanan dengan Indonesia selain penyediaan kapal patroli besar untuk Indonesia yang diputuskan pada Desember 2023,” tambah Kishida dalam keterangan tersebut.

Kishida pun berharap, pertemuan dengan Prabowo ini dapat memperdalam kolaborasi bilateral dengan Indonesia, untuk mendorong kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

“Kunjungan ini sangat menggembirakan. Jepang dan Indonesia telah berteman dekat sejak lama. Saya ingin lebih meningkatkan kerja sama sebagai mitra yang berbagi nilai dan prinsip dasar,” ujarnya.

Sementara Prabowo mengungkapkan keinginannya untuk bekerja sama dengan negeri ‘Matahari Terbit’ itu, khususnya terkait kerja sama pertahanan yang lebih mendalam, antara Indonesia dan Jepang.

Baca Juga: Jelang Sertijab KSAU, Ini Pesan Marsekal TNI Fadjar untuk Perwira dan Generasi Penerus TNI AU

“Kedua negara telah membangun hubungan kerja sama yang baik sejauh ini, dan meminta pemerintah Jepang untuk bekerja sama untuk mencapai hubungan yang lebih kuat di masa depan serta meningkatkan kolaborasi di bidang pertahanan,” kata Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping di Beijing, pada Senin (1/4) yang merupakan kunjungan pertamanya ke mitra dagang utama sejak ia memenangkan pemilihan presiden yang diadakan pada Februari kemarin. Setelah dari Cina, ia melanjutkan perjalanannya hari ini ke Tokyo.

Kemudian setelah dari Tokyo, menurut kabar dari Kementerian (Kemhan) RI, saat ini Prabowo sedang berada dalam perjalanan menuju Malaysia sebagai agenda ketiganya dalam rangkaian kunjungan kerja di luar negeri. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER