Kamis, 30 Mei 2024

Pemimpin NATO Pertimbangkan Bentuk Strategi Bantuan Jangka Panjang Bagi Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mempertimbangkan untuk membentuk struktur bantuan militer baru yang akan diterapkan dalam jangka panjang untuk Ukraina.

“Jadi kita perlu mengubah dinamika dukungan kita. Kita harus memastikan bantuan keamanan yang dapat diandalkan untuk Ukraina dalam jangka panjang. Lebih sedikit strategi jangka pendek dan lebih banyak janji multi-tahun,” kata Stoltenberg melansir Nato.int, Kamis (4/4).

Baca Juga: Rusia Sita Bahan Peledak Selundupan dari Ukraina

Proposal Stoltenberg itu juga memungkinkan aliansi NATO untuk mengoordinasikan pasokan senjata, amunisi dan peralatan ke Ukraina dalam upaya melawan invasi Rusia.

Hingga saat ini, NATO berfokus pada bantuan yang tidak mematikan untuk Ukraina. Pasalnya, mereka khawatir bahwa peran yang lebih luas dari NATO dapat memicu peningkatan ketegangan dengan Rusia.

Baca Juga: Korut Berhasil Luncurkan Rudal Hipersonik Berbahan Bakar Padat Tipe Baru

Namun, Stoltenberg menyebut keputusan tentang diterapkannya rencana baru atau tidak, akan dibicarakan ketika KTT NATO pada bulan Juli mendatang. Sebab, suatu keputusan NATO memerlukan konsensus seluruh anggota yang berjumlah 32 negara tersebut. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER