Kamis, 22 Februari 2024

Ukraina Tegaskan Bantuan Sekutu NATO Akan Terus Berlanjut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menegaskan bahwa sekutu NATO tidak menunjukkan tanda-tanda ‘kelelahan’ dan berkomitmen untuk terus membantu Ukraina mempertahankan dirinya menghadapi Rusia serta mengambil alih wilayah yang direbut.

“Saya mendengar jawaban ‘tidak’ yang tegas terhadap segala opsi perihal ‘kelelahan’ (dalam memberi bantuan), dan saya mendengar jawaban ‘ya’ yang tegas untuk meningkatkan dukungan kepada Ukraina,” kata Kuleba melansir AP, Kamis (30/11).

Baca Juga: NATO Pertegas Komitmen Kirim Senjata ke Ukraina

Kuleba menyebut beberapa sekutu telah memberi tawaran dukungan militer baru, namun ia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai rencana bantuan tersebut. Menurutnya, negara-negara anggota NATO akan terus mendorong kemenangan Ukraina.

“Mereka memahami, untuk merasa aman dan agar mereka tidak terjebak dalam situasi di mana tentara NATO harus berperang, Ukraina harus menang dalam perang ini,” kata Kuleba.

Baca Juga: WHO Peringatkan Penyebab Kematian Selain Serangan Bom di Gaza

NATO sebagai sebuah organisasi tidak memberikan bantuan militer kepada Ukraina tetapi beberapa negara anggota telah memasok bantuan alutsista. Namun, memasuki bulan ke-20, muncul tantangan baru seiring berkurangnya stok senjata. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER