Jumat, 14 Juni 2024

Kerahkan Pesawat Tempur dan Tanker, TNI AU-RSAF Gelar Latihan Air to Air Refueling

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Royal Singapore Air Force (RSAF) sukses menggelar latihan pengisian bahan bakar di udara atau dikenal dengan air to air refueling di wilayah udara Pekanbaru, Riau beberapa waktu lalu.

Latihan ini menjadi bagian penting dalam pelaksanaan sebuah misi dan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang penerbang jet tempur (fighter).

Teknik pengisian bahan bakar di udara dilakukan untuk menambah jarak tempuh/jelajah pesawat. Jika seorang fighter memiliki kemampuan air refueling maka ia tidak perlu kembali ke pangkalan udara untuk mengisi bahan bakar di tengah pelaksanaan misi.

Baca Juga: Prajurit Lanal Nunukan Gagalkan Penyelundupan Ballpress

Dilansir dari keterangan TNI AU, Rabu (29/11), sebanyak 16 pesawat tempur F-16 dari 3 skadron tempur TNI AU dikerahkan, yaitu 5 pesawat dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi; 5 pesawat Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi; serta 6 pesawat Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin. Sementara itu, RSAF mengerahkan pesawat Multi Role Tanker Transport (MRTT) A330.

air to air refuelling
(Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Latihan ini, menurut Komandan Skadron Udara 16 Mayor Pnb Bambang ‘Sphinx’ Aulia Yudhistira terselenggara dengan baik meskipun cuaca menjadi salah satu tantangan terberat.

“Tantangan terberat dalam latihan AAR ini adalah cuaca karena Pekanbaru saat ini telah memasuki musim penghujan,” ungkapnya.

Baca Juga: Wamenhan Herindra Terima Bintang Jasa dari TNI AL

Selain berfokus pada latihan AAR, Skadron Udara 14 dan Skadron Udara 16 bersama Skadron 140 RSAF juga melaksanakan berbagai latihan seperti Basic Fighter Maneuvers (BFM), Air Combat Maneuvering (ACM), dan Air Combat Tacticts (ACT).

Pelaksanaan latihan ini menjadi bukti konkret atas kerja sama yang erat dan hubungan bilateral yang telah terjalin di antara angkatan udara Indonesia dan Singapura selama ini.

Selaras dengan hal tersebut, latihan yang sama juga mampu meningkatkan kemampuan, operasional, serta interoperabilitas di udara. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER