Senin, 27 Mei 2024

Ukraina Sebut Konflik Memanas di Bakhmut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Ukraina akui konflik semakin memanas di salah satu target wilayah utama serangan Rusia selama satu bulan terakhir, yaitu wilayah Bakhmut. Bahkan, pihak Rusia mengklaim telah merebut dua wilayah di kota tersebut.

Dilansir dari Al Jazeera, Senin (17/4), juru bicara komando militer timur Ukraina Serhiy Cherevatyi mengatakan bahwa pasukan mereka terus mempertahankan setiap titik wilayah Bakhmut. Perang itu diakui menjadi pertempuran paling mematikan bagi kedua belah pihak.

Baca Juga: Korut Uji Coba Hwasongpho-18, Rudal Terbaru Berbahan Bakar Padat

“Pertempuran berdarah yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa dekade terakhir terjadi di tengah daerah perkotaan kota itu. Tentara kami melakukan segalanya dalam pertempuran berdarah dan sengit untuk menghancurkan kemampuan tempur musuh,” ujarnya.

Pernyataan Cherevatyi muncul setelah Kementrian Pertahanan Rusia menyebutkan tujuan mereka untuk merebut Kota Bakhmut, khususnya dua wilayah di utara dan selatan telah tercapai. Ditambah lagi, mereka berencana untuk menambah unit pasukan terjun payung untuk mempertahankan wilayah tersebut.

“Unit penyerangan Wagner telah berhasil maju, merebut dua distrik di pinggiran utara dan selatan kota,” ujar Kementrian Pertahanan Rusia.

Baca Juga: Cina Tegaskan Tidak akan Pernah Kirim Senjata ke Pihak Terlibat Konflik Ukraina

Hingga saat ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy belum memberikan tanggapan terkait keadaan di Bakhmut. Dalam video terbaru yang diunggah ke laman president.gov.ua pada Minggu (16/7), ia hanya menegaskan keinginan Ukraina untuk mengusir seluruh pasukan Rusia dari wilayahnya. Ia turut memberikan semangat kepada warganya yang terus berjuang bersama demi menciptakan ‘kemerdekaan independen.’

“Kegelapan tidak bisa menaungi semangat kami, keinginan untuk kebebasan, cinta untuk tanah air kami, dan kesiapan untuk mempertahankannya. Kami tidak hanya menunggu dan bertanya, kami menciptakan kemerdekaan independen,” ujarnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER