Kamis, 22 Februari 2024

TNI AD: Rencana Pembangunan Kodam Baru untuk Kepentingan Masyarakat dan Negara

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Hamim Tohari mengatakan, pembentukan kodam baru yang direncanakan sudah melewati tahapan yang cukup panjang sebelum akhirnya dibawa ke pemerintah.

Hal ini dikatakan kepada wartawan terkait pertanyaan soal urgensi atas kebijakan pembangunan Kodam baru Selasa, (23/5).

Hamim menjelaskan bahwa ke depan tantangan yang dihadapi oleh negara dan masyarakat semakin kompleks, sehingga semua perangkat negara, termasuk TNI AD juga harus semakin adaptif terhadap dinamika tersebut.

Baca Juga: Korps Marinir dan Marinir Pakistan Gelar Latma Keris Talwar 2023

“Dan yang pasti, apapun yang direncanakan oleh TNI AD sudah melalui pemikiran yang panjang dan pertimbangan yang matang, dan semuanya untuk kepentingan masyarakat dan negara,” kata Hamim.

Namun Hamim mengungkap, banyak aspek yang dipertimbangkan dalam pengembangan organisasi TNI AD, tidak hanya semata-mata untuk menghadapi perang.

“Undang-undang mengamanatkan bahwa operasi militer juga dilakukan untuk keperluan operasi militer selain perang (OMSP),” katanya.

Baca Juga: Dorong Penguatan Ekosistem Dirgantara RI, Prabowo Saksikan Penandatanganan Kerja Sama PTDI dan Malaysia

“Kodam baru yang nantinya akan ada di tiap provinsi bertujuan untuk efektivitas dan efisiensi pengendalian operasi dalam mendukung pemerintah daerah dan institusi lainnya,” sambungnya.

Pembentukan kodam di setiap provinsi, kata Hamim, tidak harus menunggu adanya gejolak. Sebab kehadirannya dapat membantu mengatasi berbagai persoalan masyarakat seperti bencana alam, persoalan pangan maupun konflik sosial. (rr)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER