Senin, 15 April 2024

Tangani Korban Luka Gempa Cianjur, TNI AL Akan Kirim Rumah Sakit Lapangan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, mengatakan TNI AL akan mengirimkan rumah sakit lapangan (rumkitlap) dari Pasmar 2, Karangpilang, Surabaya ke Cianjur untuk merawat para korban yang terluka pascagempa.

“Ini juga sedang kita siapkan rumkitlap di Pasmar 2, Karangpilang yang nanti akan dikirim ke Cianjur. Makanya, Marinir dikirim kesana untuk mencari lokasi yang luas karena sarana rumkitlap sangat besar,” kata Yudo di Mabesal, Jakarta, Selasa (22/11).

Tangani Korban Luka Gempa Cianjur, TNI AL Akan Kirim Rumah Sakit Lapangan
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, usai acara pelepasan 400 personel Marinir Satgas Peduli Cianjur di Mabesal, Jakarta. (IDM/Aini Tartinia)

Yudo mengungkapkan, rumkitlap yang akan dikirim di Cianjur tersebut memiliki fasilitas cukup baik, seperti memiliki tempat untuk operasi bedah, unit layanan intensif (ICU), dan bisa merawat 100 pasien. Selain personel dan tim medis, TNI AL juga mengirimkan alat berat, seperti ekskavator.

“Saya kira Yon Zeni bisa ikut dikirim ke sana untuk membantu perbaikan sarana dan prasarana yang rusak,” ungkap Yudo.

Baca: 500 Personel Marinir TNI AL Bantu Evakuasi Korban Gempa Cianjur

Sekitar 500 personel dari satuan Korps Marinir dikirimkan untuk membantu evakuasi korban pascagempa Cianjur. Rencananya, ratusan personel Marinir tersebut akan bertugas selama 7-14 hari ke depan karena kondisi saat ini masih tanggap darurat.

“Nanti kami melihat situasi. Kalau memang di sana sudah bisa normal, kami tarik tim. Jika masih dibutuhkan, kita akan bantu sampai selesai,” pungkas Yudo. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER