Selasa, 5 Maret 2024

500 Personel Marinir TNI AL Bantu Evakuasi Korban Gempa Cianjur

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI AL mengerahkan sekitar 500 personel Satgas Peduli Cianjur dari satuan Korps Marinir untuk membantu evakuasi korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11).

Pada hari ini, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto memimpin upacara pelepasan 400 personel Pasmar 1 Marinir dari Jakarta. Sebelumnya, pada Senin (21/11) malam, Marinir telah mengirim 100 personel Marinir ke Cianjur.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, mengatakan dari 100 personel Marinir tersebut, 38 di antaranya adalah personel dari tim kesehatan dan terdapat sembilan dokter yang akan membantu penanganan medis warga Cianjur pascagempa.

TNI AL kerahkan 500 personel Korps Marinir dan 25 truk untuk bantuan evakuasi korban pascagempa di Cianjur. IDM/Aini Tartinia
(IDM/Aini Tartinia)

“Ada sembilan tenaga dokter yang kita kirim, terdiri dari dokter bedah, umum, tulang, anestesi, dan juga para tenaga perawat kesehatan,” kata Yudo kepada awak media, di Mabesal, Cilangkap, Jakarta.

Baca: Jenderal Angkatan Bersenjata Australia Akui Kehebatan Pasukan TNI AL

Yudo mengungkapkan, siang ini Mabesal memberangkatkan sekitar 25 truk bantuan evakuasi korban gempa Cianjur. Selain untuk bantuan medis, para personel Marinir juga akan dikerahkan dalam pemberian sembako hingga membangun sarana dan prasarana yang terputus pascagempa 5,6 skala richter.

“Ini akan kita kerjakan bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, maupun instansi terkait dan tanggap darurat yang ada di Cianjur,” ujar Yudo. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER