Kamis, 30 Mei 2024

Swiss Setuju Jadi Tuan Rumah KTT Perdamaian Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pemerintah Swiss setuju untuk menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) perdamaian mengenai Ukraina atas permintaan Presiden Volodymyr Zelensky pada beberapa waktu lalu.

“Atas permintaan presiden Ukraina, Swiss setuju untuk menjadi tuan rumah pertemuan puncak mengenai formula perdamaian. Rincian lebih lanjut kini sedang dikerjakan,” kata Pemerintah Swiss melansir Reuters, Selasa (16/1).

Baca Juga: Turki Luncurkan Serangan Udara Terhadap Markas Kurdi di Utara Irak dan Suriah

Swiss yang sebelumnya netral, kini membantu menemukan resolusi perang dengan Rusia yang dimulai sejak Februari 2022. Keputusan Swiss untuk menjadi tuan rumah itu pun diraih saat pertemuan Zelensky dengan Presiden Swiss Viola Amherd di Bern.

“Kami terbuka bagi semua negara yang menghormati kedaulatan dan integritas wilayah kami di KTT perdamaian. Kami ingin negara-negara Selatan hadir. Penting bagi kami untuk menunjukkan bahwa seluruh dunia menentang agresi Rusia, dan seluruh dunia mendukung perdamaian yang adil,” kata Zelensky.

Zelensky dan Amherd tidak memberikan rincian kapan KTT itu akan digelar. Namun, Zelensky sempat mengatakan bahwa ia ingin Cina memainkan “peran besar” di resolusi perdamaian tersebut.

Baca Juga: Perkuat Eropa, Inggris Kirim 20.000 Tentara untuk Gabung Latihan NATO

“Kami sangat ingin Cina terlibat dalam formula (perdamaian) kami, serta dalam pertemuan puncak tersebut,” ujarnya.

Zelensky pertama kali mengumumkan formula perdamaiannya pada pertemuan puncak G20 di bulan November. Isinya antara lain menyerukan pemulihan integritas wilayah Ukraina, penarikan pasukan Rusia dan penghentian konflik, serta pembebasan semua tahanan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER