Kamis, 30 Mei 2024

Asah Kesiapan Operasi, Lanud Halim Perdanakusuma Gelar Latihan Survival Dasar

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Marsma TNI Destianto secara resmi membuka Latihan Survival Dasar Lanud Halim Perdanakusuma di Shelter Wing Udara 1, Jakarta, Senin (15/1).

Sebagai lanud operasional dengan beberapa skadron udara di dalamnya, Lanud Halim Perdanakusuma dituntut untuk selalu memiliki kesiapan dalam operasi. Untuk itu, latihan ini digelar sebagai salah satu penunjang pelaksanaan tugas pokok Lanud Halim Perdanakusuma khususnya dalam hal pembinaan kemampuan dan kesiapan para pesonelnya.

Baca Juga: Punya Racikan Obat Manjur, Dokter Tim K24 Pandawa Jadi Idola Masyarakat Keneyam

Pada dasarnya, pelaksanaan Latihan Survival Dasar bertujuan untuk melatih serta memelihara kemampuan awak pesawat dalam bertahan hidup dan mencari pertolongan dalam kondisi darurat. Salah satunya yaitu saat pesawat terpaksa melaksanakan pendaratan darurat, baik di wilayah daratan maupun perairan.

Lanud Halim Perdanakusuma
Personel Lanud Halim Perdanakusuma yang mengikuti Latihan Survival Dasar. (Foto: Dok. @lanud_halim_perdanakusuma)

Melansir keterangan Penerangan Lanud Halim Perdanakusuma dalam Instagram @lanud_halim_perdanakusuma, latihan ini diikuti oleh sebanyak 75 peserta, yang terdiri dari anggota kru pesawat, baik penerbang, navigator, kru teknik, pramugari, serta Pramuka Saka Dirgantara. Dalam latihan kali ini, mereka mendapat sejumlah materi seperti jungle survival; ilmu peta; ilmu tumbuhan dan hewan; teori rapling dan tali temali; serta teori sea survival.

Baca Juga: Pesawat Keempat C-130J Super Hercules Dijadwalkan Tiba di Indonesia pada Akhir Januari 2024

Kepada puluhan peserta, Marsma TNI Destianto berpesan agar mereka melaksanakan seluruh fase latihan dengan serius dan sungguh-sungguh.

“Ikuti instruksi dari pelatih, dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan dalam proses latihan,” kata dia. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER