Sabtu, 25 Mei 2024

Pesawat Keempat C-130J Super Hercules Dijadwalkan Tiba di Indonesia pada Akhir Januari 2024

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengungkap, pesawat keempat C-130J Super Hercules dengan tail number A-1344 akan tiba di Indonesia pada 22 Januari 2024.

Sebelumnya, tiga unit pesawat Super Hercules telah tiba di tanah air secara bertahap pada Maret, Juni, serta Oktober 2023.

Kedatangan pesawat ini memiliki tujuan strategis untuk meningkatkan kapabilitas angkut udara TNI AU, memperluas jangkauan operasi, serta mendukung berbagai misi kemanusiaan dan keamanan nasional.

Baca Juga: Prajurit Taifib Marinir Asah Kemampuan Menembak dengan Senjata Sniper Barrett MRAD

“Di tengah dinamika keamanan global, diharapkan kehadiran pesawat C-130J Super Hercules ini akan memberikan kontribusi positif dalam menjaga ketahanan dan keamanan wilayah udara Indonesia,” tulis TNI AU dikutip dari keterangan foto di Instagram @militer.udara, Senin (15/1).

Dalam unggahan yang sama, TNI AU turut memberikan perkembangan informasi mengenai pesawat C-130J Super Hercules, di mana proses perakitan hingga persiapan keberangkatan pesawat ini dapat dikatakan berjalan dengan sangat lancar.

“Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan yang kuat dari Atase Pertahanan Republik Indonesia di Washington DC (Athan RI) beserta staf dan para diaspora Indonesia di sana,” ungkap Komandan Flight Pemeliharaan (Danflighthar) Skadron Udara 31, Mayor Tek Aprin Trediawan. Sebelumnya, Aprin diketahui mejabat sebagai Resident Project Officer TNI AU di Lockheed Martin.

Baca Juga: Punya Racikan Obat Manjur, Dokter Tim K24 Pandawa Jadi Idola Masyarakat Keneyam

Untuk diketahui, Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah memesan 5 unit pesawat C-130J Super Hercules dari Lockheed Martin, Amerika Serikat.

Kelima pesawat C-130J Super Hercules nantinya akan ditempatkan di Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, untuk melaksanakan tugas-tugas TNI AU dalam mendukung angkutan udara baik dalam misi Operasi Militer Perang (OMP) maupun Opersi Militer Selain Perang (OMSP). (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER