Sabtu, 20 April 2024

Sinergisitas TNI-Polri dalam Misi Pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa untuk HUT ke-78 RI

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sinergisitas TNI dan Polri kembali tercermin melalui misi pengibaran bendera Merah Putih raksasa (giant flag) peringatan HUT ke-78 RI pada 17 Agustus mendatang.

Kedua institusi pertahanan dan keamanan Indonesia tersebut masing-masing dilaporkan mengerahkan helikopter mereka untuk terlibat dalam misi ini, sehingga total helikopter yang terlibat sebanyak delapan unit.

Dikutip dari Penerangan Lanud Ats dijelaskan, kedelapan helikopter tersebut akan tergabung dalam misi ‘Nusantara Flight’ yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok ‘Nusa’ dan kelompok ‘Bangsa’.

Baca Juga: Resmi Perkuat Koarmada II, ini Kecanggihan Kapal Penyerbu Ranjau yang Baru

Helikopter yang tergabung dalam kelompok ‘Nusa’ terdiri dari Helikopter Super Puma H 3217 asal Skadron Udara 6 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja; Apache HS 7209 asal Penerbad; Panther HS 1303 dan Panther HS 1311 dari Penerbal.

Helikopter
Danlanud Ats Marsma M. Taufiq Arasj saat meninjau langsung latihan misi giant flag peringatan HUT ke-78 RI. (Foto: Dok. Instagram @lanud_atang_sendjaja)

Adapun kelompok ‘Bangsa’ terdiri dari Helikopter Caracal HT 7202 dari Skadron Udara 8 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja; Apache HS 7213 dari Penerbad; AW 169 P 3303 dan AW-169 P 3308 milik Polri.

Kedelapan helikopter tersebut terus melakukan sejumlah persiapan dan latihan terbang. Saat meninjau pelaksanaan latihan beberapa waktu lalu, Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI mengungkapkan, kegiatan penerbangan giant flag menjadi sebuah kehormatan, baik bagi TNI maupun Polri.

Baca Juga: Pimpin Upacara HUT ke-60 Wara, KSAU : Peran Wara Semakin Penting dan Menentukan

“Bukan hanya terbang formasi, tapi misi ini adalah simbol bagaimana kita tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Danlanud Ats dikutip dari keterangan foto instagram @lanud_atang_sendjaja, Senin (14/8).

“Ini juga menjadi salah satu bentuk sinergisitas TNI-Polri, sesuai dengan perintah pimpinan, dalam mempertahankan dan mengamankan NKRI,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada peringatan HUT ke-78 RI nanti, kedelapan helikopter TNI-Polri akan terbang melintas (flypass) dengan bendera raksasa (giant flag) di atas Istana Negara dan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER