Minggu, 16 Juni 2024

Satud Koarmada RI dan Lanudal Jakarta Latihan Bersama Evakuasi Medis Udara

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Jakarta bersama Satuan Udara Komando Armada Republik Indonesia (Satud Koarmada Rl) melaksanakan latihan Evakuasi Medis Udara (EMU) 2023, Jumat (21/7).

Dikutip dari keterangan Pen Puspenerbal, Sabtu (22/7), latihan Evakuasi Medis Udara kali ini menggunakan pesawat NC-212-200 MPA P-8201 di Appron Lanudal Jakarta, Pondok Cabe, Jakarta.

Baca Juga: Selami Perairan Cilacap, Kopaska Cari Sisa Amunisi Bekas Perang Dunia II

Latihan diawali briefing oleh seluruh tim, baik dari penyelenggara, penilai, dan pendukung mengenai aturan-aturan dalam mendekati dan menjauhi pesawat saat evakuasi medis.

Koarmada Rl
(Foto: Dok. Pen Puspenerbal)

Kemudian, dilanjutkan pengarahan oleh instructor dr. Jeanne Fransisca mengenai cara tahap tahapan mengevakuasi pasien dan menggunakan tandu saat mengevakuasi pasien.

Danlanudal Jakarta Letkol Laut (P) Sugiran mengatakan, tujuan kegiatan EMU ini adalah memberikan gambaran tentang tindakan pertolongan medis lanjutan pada korban.

Baca Juga: Pangkostrad: 1 Hari Minimal Prajurit Harus Latihan 1 Jam Bela Diri

“Kegiatan evakuasi medis dengan menggunakan sarana pesawat udara dari lokasi korban ke tempat yang lebih aman atau tempat yang mempunyai fasilitas perawatan kesehatan lebih baik,” kata Sugiran.

Latihan bersama ini, lanjutnya, juga untuk menjalin kerjasama antara Satudharma RI dan Lanudal Jakarta dengan memanfaatkan unsur pesawat yang sedang melaksanakan penugasan di wilayah Jakarta. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER