Senin, 15 April 2024

Rusia Klaim Berhasil Hancurkan Roket Himars AS

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kementrian Pertahanan Rusia mengklaim jika pasukan mereka telah menghancurkan beberapa peluncur roket Himars yang dikirim dari Amerika Serikat (AS) untuk membantu Ukraina. Sebanyak dua Himars dihancurkan di wilayah Donetsk, timur Ukraina.

Dilansir dari Tass, media milik pemerintah Rusia, Selasa (3/1), Juru bicara Kementrian Pertahanan Igor Konashenkov dalam jumpa pers mengatakan bahwa “Operasi serangan rudal dan udara terhadap perangkat militer di area stasiun kereta api Druzhkovka di Republik Rakyat Donetsk, menghancurkan dua sistem perluncur roket HIMARS buatan AS.”

Selain itu, Konashenkov juga mengatakan bahwa selama 24 jam terakhir, sistem pertahanan udara Rusia telah berhasil menembak jatuh sembilan roket HIMARS dan 13 pesawat nirawak atau drone milik Ukraina di beberapa daerah timur.

“Dalam 24 jam terakhir, sistem pertahanan udara menembak jatuh 13 drone Ukraina di daerah Svistunovka dan Chervonopopovka di Republik Rakyat Lugansk, Kirillovka di Republik Rakyat Donetsk, Trudovoye dan Berdyansk di Wilayah Zaporozhye. Itu juga berhasil mencegat sembilan roket HIMARS di daerah Chervonopopovka di Lugansk dan Novaya Kakhovka,” ujarnya.

Dalam laporan yang Konashenkov berikan mengingat konflik telah memasuki bulan ke-6, ia menyimpulkan bahwa pasukan Rusia telah bertugas dengan baik dan mengindikasi akan menambah pasukan di awal tahun ini. Di akhir laporannya, ia pun menjelaskan secara detail unit-unit yang telah dihancurkan sejak serangan pada Februari lalu.

Baca: Kim Jong Un Copot Pemimpin Terkuat Kedua di Korut

“Secara keseluruhan, target berikut telah dihancurkan sejak awal operasi militer khusus: 355 pesawat tempur, 199 helikopter, 2.807 drone, 399 sistem rudal permukaan ke udara, 7.382 tank dan kendaraan lapis baja tempur lainnya, 967 peluncuran ganda sistem roket, 3.768 senjata artileri medan dan mortir dan 7.900 kendaraan bermotor militer khusus,” lapor Konashenkov. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER