Rabu, 24 April 2024

Rapat Koordinasi Intel TNI: Ke Depan Ancaman Realistik Benturan Kepentingan Ideologi

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan membuka rapat koordinasi Intelijen TNI, yang bertemakan “Intelijen TNI Sebagai Patriot NKRI Siap Mendukung Pembangunan Nasional dan Menyukseskan Pemilu 2024”, bertempat di GOR A. Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (16/2).

Pada kesempatan tersebut Bambang mengatakan rapat koordinasi Intel TNI TA 2023 dapat digunakan secara bersama-sama mencari solusi terbaik dalam menentukan arah pengembangan dan penyelenggaraan ìntelijen TNI ke depan di tengah perubahan lingkungan strategis yang semakin dinamis dan kompleks.

Ia menjelaskan bahwa kecenderungan perkembangan lingkungan strategis yang senantiasa mengalami perubahan dan semakin sulit diprediksi, hal ini akan menempatkan perkembangan masa depan dunia dan kawasan menjadi penuh ketidakpastian.

“Kedepan, ancaman tidak akan lagi bersifat konvensional atau perang terbuka antar negara, namun lebih bersifat ancaman realistik benturan kepentingan yang mengatasnamakan ideologi tertentu dari kelompok masyarakat atau golongan yang termarjinalisasi oleh keadaan,” katanya.

Melihat kecenderungan dunia yang penuh ketidakpastian, sangat diperlukan kinerja ekstra seluruh aparat intelijen untuk tetap menjaga soliditas, sinergitas dan profesionalisme.

Baca: Investasi SDM dan Regenerasi Penerbang, 14 Siswa Penerbang Ikuti Pendidikan KPTPA

“Aparat intelijen dituntut untuk bekerja secara profesional serta kemauan untuk bekerja sama dan kordinasi lebih intensif dengan sesama aparat intelijen TNI atau dengan aparat intelijen lainnya,” tambahnya.

“Kepada peserta rakor sekalian, saya harapkan agar dapat memanfaatkan forum ini dengan sebaik-baiknya untuk menyamakan persepsi dan menyelaraskan langkah melalui koordinasi, diskusi, agar soliditas, sinergitas dan profesionalisme aparat intelijen dapat ditingkatkan dan tetap terjaga dengan baik” tutupnya. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER