Selasa, 25 Juni 2024

Potret Prajurit Kodim 0303 Berjibaku Padamkan Karhutla

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Segenap kekuatan satuan tugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) kabupaten Bengkalis masih berjibaku tanggulangi kebakaran yang terjadi di Kecamatan Rupat, hingga perbatasan antara Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai, Minggu (30/4).

Kekuatan Satgas ini berisikan personel Komando Distrik Militer (Kodim) 0303 Bengkalis dan disokong pasukan dari berbagai Komando Rayon Militer (Koramil) diantaranya Koramil 03 Mandau, Koramil 04 Rupat, Koramil 05 Bukit Batu, Koramil 01 Bengkalis dan segenap pasukan lainnya.

“Seluruhnya berjumlah puluhan orang dan disebar ke berbagai titik api guna lakukan pemadaman, pendinginan bahkan pembuatan kanal sekat untuk minimalisir sebaran Karhutla,” ujar Dandim 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto dalam keterangan resminya diterima Senin, (1/5).

Baca Juga: Harumkan Nama Indonesia, Babinsa Koramil 1417-03 Lambuya Juarai Kempo Dunia di Portugal

Ia mengatakan pihaknya tak kendorkan semangat serta konsentrasi untuk berjibaku atasi Karhutla.

“Tidak ada waktu untuk berdiam diri, segenap kekuatan Kodim 0303 Bengkalis dan Koramil jajaran terlibat di bawah kendali operasi dalam pemadaman, pendinginan serta pembuatan kanal dalam rangka menanggulangi kebakaran hutan dan lahan,” kata Endik.

Karhutla
(Foto: Dok. Dispenad)

Ia menyebut, keseriusan dalam memitigasi dan penanggulangan kebakaran dituntut ekstra, karena hal itu telah diserukan Komandan Korem 031 Wira Bima, Brigjend. TNI. Dany Rakca Andalasawan saat berkunjung sekaligus turut serta memadamkan Karhutla di Kecamatan Rupat beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Persiapan IMDEX 2023, Indonesia Kirim Tiga KRI Buatan dalam Negeri

“Hal ini sesuai dengan arahan Bapak Danrem. Oleh karena itu, pasukan kami kerahkan. Seperti anggota dari Koramil 03 Mandau kita drop ke Rupat bersama anggota Kodim 0303 untuk membantu prajurit Koramil 04 Rupat lakukan pemadaman disana. Sedangkan dari Koramil 05 Bukit Batu dibantu dari Kodim pusatkan konsentrasi padamkan kebakaran di sekitar Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis hingga ke perbatasan sekitar Kota Dumai,” katanya.

Menurut Endik, bila tidak segera, kobaran api bisa kian parah dan membuat Negeri Junjungan dikelilingi api berujung bencana kabut asap. Untuk diketahui, bila kebakaran tak mampu ditanggulangi, potensi kerusakan lingkungan.

“Bahkan ancaman kesehatan pada masyarakat seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan Asma, penyakit kulit, bahkan kematian menjadi ancaman utama,” katanya. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER