Jumat, 29 September 2023

Mengenang Sejarah Bangsa Melalui Monumen Perjuangan Mempertahankan NKRI

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Bangsa Indonesia menempuh jalan panjang untuk meraih kemerdekaan. Perjuangan mati-matian tidak hanya dilakukan oleh para pejuang, tapi juga didukung segenap lapisan masyarakat. Jerih payah hingga mempertaruhkan nyawa dilakukan para pendahulu untuk menjamin kemakmuran generasi penerus.

77 tahun berlalu, buah manis perjuangan itu dapat dirasakan. Beragam kemudahan dialami sebagian masyarakat, kendati pembenahan di sejumlah sektor harus terus dilakukan. Salah satu upaya merawat kemaslahatan dapat dilakukan dengan mengenang upaya-upaya yang telah ditempuh Indonesia sejak tahun 1945. Pemantik ingatan itu pun bisa berupa apa saja, termasuk pembangunan Monumen Perjuangan Mempertahankan NKRI yang diresmikan oleh Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono pada Juli 2013 lalu.

Baca Juga: Gugur Diserang KST, Prajurit Operasi SAR Pilot Susi Air Belum Dievakuasi

Mengutip sejarah-tni.mil.id, monumen yang terletak di Mabes TNI, Cilangkap itu merupakan gagasan pimpinan TNI untuk menggambarkan keberhasilan NKRI melewati masa-masa sulit setelah kemerdekaan. Sebab meski telah dinyatakan bebas dari penjajahan, Indonesia masih diuji mempertahankan kemerdekaan dari kolonialisme dan imperalisme Belanda yang kembali menjajah Indonesia, serta pemberontakan yang terjadi di berbagai daerah.

Monumen
Monumen Perjuangan Mempertahankan NKRI (Foto: Dok. Istimewa)

Bangunan yang berdiri di tanah seluas 4.680 meter persegi ini menyajikan sebagian besar peristiwa yang dialami Indonesia serta bentuk-bentuk perjuangan TNI dalam mempertahankan negara sepanjang tahun 1945 hingga 1949. Torehan sejarah itu dihgambarkan melalui 21 relief yang diseleksi berdasarkan historis.

Baca Juga: Prajurit TNI AD Bangun Rumah Baca bagi Anak Perbatasan Indonesia-Malaysia

Selain puluhan relief tersebut, monumen ini juga menghadirkan sosok Panglima Besar Jenderal Sudirman dengan latar belakangnya memimpin gerilya sebagai simbol bangunan tersebut. Saat diresmikan, monumen ini diharapkan menjadi wahana belajar bagi generasi muda untuk memahami arti kemerdekaan hingga persatuan negara sebagai modal mempertahankan NKRI. (un)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER