Sabtu, 15 Juni 2024

Mengenal Kendaraan Khusus Pengangkut Roket Astros Karya Anak Bangsa

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kendaraan khusus pengangkut amunisi Roket Astros ditampilkan pada Defile Alutsista TNI dalam rangka HUT ke-78 TNI di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023) kemarin. Kendaraan ini adalah karya anak bangsa hasil penelitian dan pengembangan pertahanan (Litbanghan) Pusat Peralatan Angkatan Darat (Puspalad).

Menurut Dirbinlitbang Puspalad Kolonel Cpl Teguh Gunandi dalam keterangan resminya, Sabtu, (7/10) mengatakan selain sebagai kendaraan pengangkut amunisi roket Astros juga bisa digunakan sebagai gudang munisi lapangan yang sifatnya mobile dan mandiri karena dilengkapi powerpack, bisa merapat ke pasukan manuver di depan saat operasi maupun latihan.

Baca Juga: Bukan Sekedar Lelucon, Lumba-lumba yang Dipersenjatai Itu Benar-benar Ada

“Keunggulan dari kendaraan mampu mengatasi kesulitan pasukan alteleri medan dalam kegiatan latihan dan pertempuran. Alutsista ini, sudah didukung dengan kemampuan sistem penggerak roda 6 x 6 yang dapat mempermudah kendaraan pada saat melewati medan taktis maupun saaat bermanuver,” kata Teguh.

Kendaraan ini mengusung mesin berkapsitas 7800 CC dengan panjang kendaraan 11.5 meter, lebar 2,6 meter dan tinggi 3,8 meter. Kendaraan ini mampu memuat 8 kontainer amunisi Roket Astros dan dilengkapi dengan Crane.

Baca Juga: Spesifikasi Tank Amfibi BMP-3F Pabrikan Rusia yang Dinaiki Jokowi saat HUT Ke-78 TNI

“Kendaraan ini dapat beroperasi selama 10 menit dan dilengkapi dengan outrigger yang dapat menyesuaikan pada saat medan off road. Selain itu, kendaraan ini juga dapat dimultifungsikan sebagai gudang amunisi lapangan untuk Munisi Kaliber Kecil (MKK) dan Munisi Kaliber Besar (MKB),” jelas Teguh. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER