Senin, 15 April 2024

KSAD Berharap Program Manunggal Air di Kaltim Dapat Tingkatkan Kesejahteraan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak meresmikan sumber air bersih yang berada di beberapa kecamatan wilayah Kalimantan Timur. Peresmian ini dilakukan terpusat di Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (20/2).

Maruli berharap, nantinya sumber air bersih tersebut dapat menyokong kehidupan masyarakat dan para prajurit TNI di wilayah Kodam VI/Mulawarman. Program Manunggal Air ini, lanjut Maruli, merupakan inisiasi strategis yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan ketersediaan air bersih dengan fokus pada pembangunan dan pemeliharaan sumber air termasuk di antaranya sumur, mata air, dan instalasi pengolahan air, di mana diharapkan mampu secara signifikan meningkatkan kapasitas penyediaan air di wilayah tersebut.

Baca Juga: Badan Pengawas Nuklir PBB: Aktivitas Pengayaan Nuklir Iran Tinggi

Untuk mewujudkan visi itu, KSAD menekankan tentang pentingnya kolaborasi antara Kodam, Pemda/Pemkab, dan pihak terkait lainnya. KSAD juga tak lupa menyampaikan apresiasinya kepada Kodam VI/Mulawarman dan berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan sumur bor dan program ketahanan pangan, sehingga kesejahteraan masyarakat sekitar meningkat drastis.

“Kami berkomitmen untuk terus melanjutkan program TNI AD dalam mengembangkan akses sumber air bersih di seluruh wilayah Indonesia. Karena masih banyak masyarakat kita yang belum memiliki akses terhadap air bersih untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari,“ ungkap Maruli.

Selain pencanangan 89 titik sumber air, eks Panglima Kostrad ini juga meresmikan Kelompok Tani penerima manfaat air bersih, serta melakukan penanaman padi secara simbolis. Kegiatan ini melibatkan berbagai stakeholder, termasuk anggota TNI AD, Pemda hingga masyarakat umum.

Baca Juga: KSAD Minta Prajurit TNI AD Melek Teknologi

Secara umum semua program tersebut, termasuk akses air bersih, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat setempat, serta mendorong menguatnya ketahanan wilayah jajaran Kodam VI/Mulawarman.

Dalam rangkaian kegiatannya di Bumi Etam Maruli turut meninjau hasil rehab perumahan prajurit di Batalyon Infanteri 611/AWL yang dikerjakan secara swakelola. (nhn)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER