Sabtu, 15 Juni 2024

KRI Sultan Hasanuddin dan Kapal Perang Kanada Terlibat Manuver Taktis di Laut Jawa

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI Sultan Hasanuddin-366 melaksanakan passing exercise (passex) dengan kapal perang Angkatan Laut Kanada HMCS Montreal (FFH) di Laut Jawa, Senin (10/7).

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II, Selasa (11/7), kapal dari jajaran Satuan Kapal Eksorta (Satkor) Koarmada II itu mengikuti kegiatan passex di bawah komando Pjs. Komandan KRI SHN-366 Letkol Laut (P) Lustia Budi.Passing exercise merupakan latihan yang dilaksanakan oleh TNI AL untuk menyambut dan mengantarkan kapal perang asing yang akan masuk maupun meninggalkan perairan Indonesia.

Baca juga: Atasi Stunting, KSAD: Lakukan Segala Tindakan yang Dibutuhkan

Adapun, serial latihan yang dilaksanakan meliputi latihan komunikasi antar-kapal dengan menggunakan isyarat lampu (flash exercise), komunikasi isyarat dengan kibaran bendera semaphore (flaghoist exercise), simple maneuvering exercise, RAS approaches, dan ditutup dengan farewell.

Pada kesempatan tersebut, Lustia menyampaikan selain untuk mempertahankan kemampuan dan profesionalisme prajurit, passex juga bertujuan meningkatkan hubungan antara TNI AL dengan Angkatan Laut Kanada.

Baca juga: Bidik Talenta Baru, TNI AL Gelar Polwilbar 2023

“Selain untuk menjaga kedaulatan NKRI, diharapkan dapat mempererat hubungan internasional, mempertahankan, dan meningkatkan persahabatan antara Indonesia dengan Kanada,” ujarnya. (at)


BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER