Senin, 15 April 2024

Korsel dan Thailand Sepakat untuk Memperluas Kerja Sama Pertahanan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Selatan (Korsel) dan Thailand sepakat untuk memperluas kerja sama militer termasuk industri pertahanan. Keduanya juga sepakat untuk mempererat kolaborasi dalam menjaga stabilitas di kawasan.

Dilansir dari Mnd.go.kr, laman Kementerian Pertahanan (Kemhan) Korsel, Selasa (2/4), hal itu disepakati ketika pertemuan antara Menhan Korsel Shin Won Sik dan Menhan Thailand Sutin Klungsang di Seoul pada beberapa waktu lalu. Keduanya sepakat untuk terus memperluas kerja sama, di mana hubungan bilateral telah terjalin cukup erat sejak lama, sejak Thailand mengirimkan pasukan tambahan dalam Perang Korea.

Baca Juga: Belarusia Gelar Latihan Militer di Perbatasan Ukraina

Sejalan dengan itu, Shin mengapresiasi Thailand yang terus berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea sebagai salah satu anggota komando PBB dan negara yang mengirimkan pasukan selama Perang Korea.

Ia pun menyoroti keunggulan berbagai sistem persenjataan yang sedang dikembangkan Korsel. “Korsel berharap untuk berpartisipasi dalam proyek modernisasi militer Thailand yang sedang berlangsung,” katanya.

Baca Juga: Korut akan Kembali Luncurkan Satelit Pengintai Militer Tahun Ini

Sementara, Sutin mengatakan bahwa alutsista buatan Korsel seperti pesawat tempur T-50 sudah memainkan peran penting di Thailand. “Sistem senjata Korsel, termasuk T-50 dan fregat, yang diekspor ke Thailand telah memainkan peran penting dalam pertahanan wilayah,” ujarnya.

“Selama kunjungan ini, saya akan mengonfirmasi keunggulan industri pertahanan Korsel dengan mengunjungi perusahaan-perusahaan pertahanan besar, yang melaluinya saya akan mencari kemungkinan kerja sama industri pertahanan lebih lanjut,” tambahnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER