Sabtu, 20 April 2024

Kodam III/Siliwangi Gelar Display Produk Inovasi

BACA JUGA

Bandung, IDM – Kodam III/Siliwangi (Slw) menggelar display produk inovasi dalam rangka optimalisasi pemberdayaan wilayah dan kesiapan satuan Kodam III/Slw TA. 2023 di Lapangan Kodam III/Slw, Kota Bandung, Jumat, (23/6).

Kegiatan ini dihadiri langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan jajaran dari Pemda dan Kodam III/Slw.

Menurut Pangdam III/Slw Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai role model tipologi dalam menjabarkan Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi yang didalamnya ada fungsi utama pertempuran dan pembinaan teritorial.

Baca Juga: TNI AU Bantu Evakuasi Pesawat SAM Air dengan Helikopter Caracal

“Pembinaan teritorial dalam rangka mendukung komponen cadangan dan pendukung serta meningkatkan pertahanan yang di dalamnya terdapat sistem informasi teritorial (Sisfoter),” kata Pangdam IIIIII kepada Indonesiadefense.com.

Siliwangi
(IDM/Septo Kun Wijaya)

Selain itu, lanjut Pangdan III untuk konsep Sishankamrata akan melibatkan seluruh komponen warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan melindungi keselamatan segenap bangsa dari setiap ancaman.

“Konsep Sishankamrata merupakan bagian dari sistem pertahanan yang ada di Indonesia dan terwujud karena adanya komponen-komponen yang kooperatif, integratif dan tentunya optimal,” kata Pangdam.

Baca Juga: 500 Siswa Komcad Matra Laut Jalani Pendidikan dan Latihan Sasar Militer

“Peran Kodam dalam pembinaan dan penguatan wilayah untuk pertahanan maupun perlawanan, merupakan basic pertahanan yang didalamnya ada ketahanan ekonomi, sosial, politik, budaya dan lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Ridwan Kamil mengapresiasi inovasi produk hasil buatan Kodam III Siliwangi, yang dinilainya mampu memberikan jawaban atas kebutuhan masyarakat.

“Saya sangat bangga, mungkin izin memberi label Kodam terinovatif di republik ini. Saya kira Kodam III Siliwangi memberikan solusi-solusi, baik kepada permasalahan umum di masyarakat, lingkungan pertanian, maupun solusi teknologi karya anak bangsa sendiri untuk kebutuhan TNI dan semua datang dari inovasi riset development yang dipimpin langsung oleh Pangdam III Siliwangi,” katanya. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER