Senin, 15 April 2024

Kemhan Ungkap Rencana Kembangkan Lahan Food Estate di Merauke, Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra mengungkapkan rencana pengembangan lahan Kabupaten Merauke, Papua, untuk program food estate.

Hal tersebut dibahas saat menerima audiensi Bupati Merauke Romanus Mbaraka di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Jakarta, Senin (1/4) kemarin.

“Sebagai kabupaten terluas di Provinsi Papua dan dengan letak geografis yang sangat strategis, Kabupaten Merauke sangat cocok dijadikan lahan bagi food estate,” kata Herindra, dikutip dari keterangan Kemhan RI, Selasa (2/4).

Baca Juga: TNI: Warga yang Trauma Akibat Ledakan Gudmurah Dapat Bimbingan Konseling Psikologis

Ia melanjutkan, nantinya Kemhan bakal bersinergi dengan sejumlah kementerian terkait untuk merencanakan dan program food estate sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Merauke, agar program lumbung pangan di daerah itu berjalan lebih efektif.

“Bayangkan, turunannya itu luar biasa untuk industri pangan kalau kita jalankan. Misalnya, untuk jagung dan singkong, di sampingnya bisa dilanjutkan dengan ternak sapi,” ujar Herindra.

Baca Juga: Akmil Renovasi Dua Gedung Bersejarah, Mainhall Gatot Soebroto dan Gedung Leo Kailola

Herindra menyampaikan, Kemhan menginginkan adanya peningkatan ketahanan pangan untuk mengantisipasi dampak global di kawasan yang bisa saja terjadi di masa depan.

“Belajar dari sejarah perang, kalau kita memiliki senjata tanpa kekuatan cadangan pangan, akan kocar-kacir juga. Untuk itu, Indonesia harus memiliki cadangan pangan yang memadai,” pungkasnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER