Sabtu, 25 Mei 2024

Kapal Militer Iran Sorotkan Laser ke Helikopter AS di Teluk Persia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kapal Angkatan Bersenjata Iran menyorotkan laser ke helikopter militer Amerika Serikat (AS) di wilayah udara internasional pada beberapa waktu lalu. AS menyebut tindakan itu membahayakan dan tidak profesional.

Dilansir dari Navy.mil, laman resmi Komando Pusat Angkatan Laut AS, Jumat (29/9), Kapal Korps Garda Revolusi Iran disebut telah dengan sengaja mengarahkan laser ke helikopter serang Korps Marinir AH-1Z Viper yang melintas di atas Teluk Persia.

Baca Juga: Iran Berhasil Luncurkan Satelit Militer ke Orbit

Tidak ada laporan celaka dan seluruh awak helikopter dapat kembali ke markas dengan aman. Namun, sorotan laser dapat membingungkan pilot helikopter atau pesawat terbang manapun, sehingga meningkatkan risiko penerbangan yang berbahaya.

“Ini bukanlah tindakan kekuatan maritim profesional. Perilaku Korps Garda Revolusi Iran yang tidak aman, tidak profesional, dan tidak bertanggung jawab ini membahayakan AS maupun negara mitra dan harus segera dihentikan,” kata juru bicara Komando Pusat Angkatan Laut AS Komandan Rick Chernitzer.

Baca Juga: Sekjen NATO: Ukraina Secara Bertahap Membuat Kemajuan

Helikopter serang itu lepas landas dari USS Bataan (LHD 5), sebuah kapal serbu amfibi yang ditempatkan di Timur Tengah. Sejak pertengahan Juli, AS mulai mengerahkan marinir dan pasukan tambahan ke kawasan tersebut sebagai respons terhadap meningkatnya agresi kapal militer Iran.

“Angkatan Laut kita selalu waspada dan akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional sambil meningkatkan keamanan maritim regional,” pungkas Chernitzer. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER