Selasa, 28 Mei 2024

Jelang Sea Phase Latma Carat, Marinir Embarkasi ke Kapal Perang

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Memasuki tahap sea phase latihan bersama Cooperation Afloat Readiness And Training (Carat) 2022, prajurit Korps Marinir melaksanakan embarkasi ke KRI Teluk Palu-523 dan KRI Surabaya-591 di Surabaya, Jumat (16/12).

Dikutip dari keterangan Dispen Kormar, Sabtu (17/12), embarkasi sejumlah material juga dilakukan, seperti perahu karet, meriam How 105 mm, ranpur tank BMP 3F, KAPA K61, LVTP7-A1, RM70 Grad Vampire dan material kemarkasan. Lalu, keesokan harinya dilaksanakan lintas laut menuju daerah latihan di Situbondo.

Jelang Sea Phase Latma Carat, Marinir Embarkasi ke Kapal Perang.
(Dok. Dispen Kormar)

Latma Carat 2022 fokus pada operasi amfibi dan operasi darat dengan Pusat Komando Militer Indonesia dan Amerika. Latihan ini menampilkan tiga fase berbeda yang berlangsung dari 7-21 Desember.

Pada fase pertama, kegiatan dominan teori dan diskusi materi latihan. Topik yang dibahas meliputi intelijen bidang maritim, sistem pesawat nirawak, public affair, penyelaman dan konstruksi bawah air, pertahanan pangkalan, hukum, medis dan komunikasi antar organisasi.

Jelang Sea Phase Latma Carat, Marinir Embarkasi ke Kapal Perang.
(Dok. Dispen Kormar)

Baca: Tiga Kapal Perang Koarmada II Latihan Tingkat L-3 di Wakatobi

Fase kedua, mencakup aplikasi praktis dari teori dan diskusi yang dilaksanakan serta mendirikan pusat komando dan kendali bersama. Fase ketiga, pusat komando dan kendali bersama akan mengendalikan operasi laut, dilanjutkan pendaratan pasukan di Pantai Banongan Situbondo oleh TNI AL, US Navy dan US Marine Corps. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER