Selasa, 25 Juni 2024

Tanggapi Strategi Keamanan Jepang, Cina Kerahkan Kapal ke Pasifik

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Cina kerahkan Kapal Angkatan Laut untuk berlayar ke Perairan sekitar Jepang, Jumat (16/12). Hal ini dilakukan menanggapi tindakan Jepang merombak Strategi Keamanan Nasional yang dianggap offensif.

Dilansir dari AP, Jumat (16/12), Kapal-kapal perusak Lhasa dan Kaifeng berlayar melalui Selat Osumi di Jepang Selatan, sementara kapal pengintai Dongdiao berlayar melalui Selat Miyako di selatan Okinawa. Hal ini dinilai sebagai unjuk kekuatan Angkatan Bersenjata dalam menjaga kedaulatan nasional, integritas teritorial dan kepentingan geopolitik Cina. Sekaligus bertujuan untuk “mengirimkan sinyal yang menanggapi gerakan militeristik Jepang baru-baru ini.”

Tindakan Cina bermaksud mengecam Buku Putih Pertahanan Jepang yang baru karena menyebut bahwa “Cina adalah tantangan strategis terbesar di kawasan Indo-Pasifik.” Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan bahwa Jepang telah “mengabaikan fakta, menyimpang dari komitmennya terhadap hubungan China-Jepang dan saling pengertian antara kedua negara, dan tanpa dasar mendiskreditkan China.”

Baca: Rusia akan Tingkatkan Uji Coba Rudal Balistik Antar Benua pada 2023

Selama ini, Cina secara rutin mengirim kapal perang melalui selat di antara pulau-pulau Jepang. Meskipun semua jalurnya diklasifikasikan sebagai perairan internasional, namun Jepang semakin khawatir karena kehadiran Cina yang semakin agresif khususnya terlebih lagi setelah Jepang menjalin hubungan bilateral dan latma militer dengan Amerika Serikat (AS).

Pertimbangan tersebut menjadi salah satu alasan dirombaknya kebijakan pertahanan Jepang yang memprioritaskan pertumbuhan ekonomi sekaligus menjaga keamanannya dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas Angkatan Bersenjata. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER