Kamis, 30 Mei 2024

Iran Berhasil Uji Sistem Manuver Orbital

BACA JUGA

IDM – Iran berhasil meluncurkan roket ruang angkasa yang mampu menggeser satelit antar orbit, Selasa (4/10). Uji implementasi sistem manuver orbital Saman dibangun oleh Pusat Penelitian Luar Angkasa negara dan diluncurkan oleh Kementrian Pertahanan Iran.

Dilansir dari Irna, sebuah laman berita Iran, Selasa (4/10), Pemerintah Iran mengatakan bahwa “Sistem canggih yang digunakan dalam merancang dan membangun Saman merupakan fase penting dalam mengembangkan sistem tersebut di Iran.” Keberhasilan peluncuran Saman ini adalah langkah lanjutan dari pengembangan program luar angkasa di Iran.

Roket dengan sistem serupa pertama kali diluncurkan pada 2017. Dilansir dari AP, Selasa (4/10), AS khawatir bahwa program luar angksa Iran dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem rudal balistiknya. Selain roket Saman, berbagai peluncuran satelit telah dilakukan Iran pada tahun ini. Seperti pada bulan Juli lalu, Iran telah berhasil meluncurkan roket luar angkasa berbahan bakar padat. Bahkan, satelit Khayyam produksi Iran berhasil di luncurkan melalui roket oleh Rusia pada bulan Agustus.

Pemerintah Iran mengatakan bahwa program luar angkasa sipil maupun militer yang giat dikembangkan beberapa tahun belakang ditujukan untuk tujuan damai. Serangkaian program luar angkasa ini dioperasikan oleh Angkatan Bersenjata Iran atas instruksi dari Kementrian Pertahanannya. (BP)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER