Selasa, 25 Juni 2024

India Berencana Akuisisi 26 Pesawat Tempur Rafale dan 3 Kapal Selam Scorpene

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kementerian Pertahanan India telah memberikan lampu hijau untuk rencana akuisisi 26 pesawat tempur Rafale Marine dan tiga kapal selam Scorpene dari Prancis. Nilai kontrak pembelian ini disebut mencapai $ 9,75 miliar.

Dilansir dari Reuters, Jumat (14/7), pesawat tempur Dassault Rafale Marine disebut akan melengkapi kapal induk India INS Vikrant. Kemudian, tiga kapal selam Scorpene nantinya akan dibangun di Galangan Kapal Mazagon Mumbai.

Baca Juga: Jenderal Rusia Dipecat Usai Beberkan Kebenaran Pahit di Medan Tempur

Sementara, penandatanganan kontrak akan dilaksanakan saat Perdana Menteri Narendra Modi dan Menteri Pertahanan India Rajnath Singh bertemu otoritas Prancis pada minggu ini.

“Harga dan ketentuan pembelian lainnya akan dinegosiasikan dengan Pemerintah Prancis setelah mempertimbangkan semua aspek yang relevan, termasuk harga pengadaan komparatif pesawat serupa oleh negara lain,” kata Singh.

Baca Juga: Ribuan Warga Ukraina Dilaporkan Disiksa dan Ditahan di Rusia

Dalam beberapa tahun terakhir, India telah menambah anggaran pengeluaran untuk memodernisasi militer. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari komitmen meningkatkan produksi dalam negeri. Awal tahun ini, pemerintah India telah mengusulkan kenaikan belanja pertahanan sebesar 13% menjadi 5,94 triliun rupee untuk tahun anggaran 2023-2024.

India pun telah mengandalkan jet tempur Prancis selama empat dekade. Jauh sebelum membeli Rafale pada 2015, India mengakuisisi pesawat Mirage pada 1980-an. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER