Kamis, 30 Mei 2024

Helikopter Apache Longbow, Black Hawk dan Launcher Rocket HIMARS Diturunkan untuk Latma SGS 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Berbagai jenis alutsista baik ranpur (kendaraan tempur) maupun rantis (kendaraan taktis) dibawa Angkatan Darat Amerika untuk Latihan bersama (Latma) bertajuk Super Garuda Shield (SGS) tahun 2023.

Latma SGS
(Foto: Dok. Puspen TNI)

Dilansir dari keterangan Puspen TNI, Senin, (28/8) alutsista ini diangkut dengan MV Cape Henry yang merupakan kapal kargo milik Departemen Transportasi Amerika Administrasi Maritim Amerika Serikat.

Baca Juga: Latma SGS 2023: Pasukan Elit Koopssus TNI dan Amerika Gelar Latihan Menembak

Kapal yang memiliki kecepatan 17,4 knot ini membawa berbagai alat utama sistem senjata (Alutsista) canggih dan terkini yang akan digunakan dalam latihan Super Garuda Shield 2023.

Latma SGS
(Foto: Dok. Puspen TNI)

Adapun Alutsista yang diangkut dengan menggunakan kapal kargo Cape Henry ini diantaranya Helikopter Black Hawk, Helikopter Apache Longbow, Launcher Rocket HIMARS, Truck Utility Heavy Humvee dan beberapa kendaraan pengangkut logistik dan medis.

Baca Juga: Latma SGS 2023: Ratusan Tentara Amerika dari USINDOPACOM Tiba di Lanudal Juanda

Setelah debarkasi dari kapal, beberapa alutsista dan logistik lainnya diangkut menggunakan trailer melaksanakan konvoi bergerak menuju daerah latihan di Asembagus, Situbondo dengan pengawalan dari Pomdam V Brawijaya.

Seluruh kegiatan diamankan oleh Force Protection dari TNI yang secara profesional, responsif namun tetap humanis menerima kedatangan dan tamu peserta latihan negara lain. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER