Senin, 15 April 2024

Gelar Latihan Intensif, Personel dan Alutsista TNI AU Bersiap Jelang Peringatan HUT ke-77

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) tengah bersiap jelang upacara peringatan HUT ke-77 yang akan digelar di Taxiway Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada 9 April 2023 mendatang.

Para personel TNI AU dan semua unsur yang terlibat terus melakukan latihan intensif untuk memberikan penampilan terbaik pada hari spesial tersebut. Sejumlah alutsista pun turut dikerahkan untuk mendukung penampilan mereka.

Penerbang
Penerbang F-16 Fighting Falcon TNI AU saat bersiap untuk terbang ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Foto: Dok. Instagram @lanud_iswahjudi)

Sebagai contoh, enam pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Lanud Iswahjudi dengan para penerbang terbaiknya mulai mengudara menuju Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat (31/3). Dikutip dari keterangan Penerangan Lanud Iswahjudi, keenam pesawat tempur tersebut akan tampil dalam aksi akrobatik udara di langit Batavia pada acara puncak peringatan HUT ke-77 TNI AU.

Baca Juga: TNI AL Kirim Dua KRI untuk Passing Exercise dengan Angkatan Laut Prancis

Sementara itu, di lokasi yang berbeda, 19 personel Kopasgat yang tergabung dalam Tim SAR Tempur (Sarpur) Detasemen 1 Kopasgat menggelar latihan pendahuluan. Melansir instagram Kopasgat, @kopasgat_tniau, belasan personel yang terdiri dari Pok Pam (Kelompok Pengamaman) dan Pok Long (Kelompok Penolong) menggelar latihan pendahuluan di Lanud Atang Sendjaja (Ats), Bogor, Kamis (30/3).

Kopasgat
Para prajurit Kopasgat yang berasal dari sejumlah satuan jajaran Kopasgat tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Foto: Dok. Instagram @kopasgat_tniau)

Saat acara puncak nanti, mereka diskenariokan untuk melakukan penjemputan survivor yang berada di medan perang dan selanjutnya dievakuasi dengan menggunakan helikopter. Untuk itu, dalam latihan pendahuluan ini, Tim Sarpur Detasemen 1 Kopasgat melakukan latihan fastrope dengan menggunakan Helikopter Super Puma milik Skadron Udara 6 Lanud Ats.

Baca Juga: Letjen Marinir Suhartono Terima Dua Jabatan Strategis di Kodiklatal

Pada kesempatan yang berbeda, sebanyak 368 prajurit Kopasgat dari berbagai daerah juga telah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma. Ratusan prajurit Baret Jingga tersebut berasal dari sejumlah satuan jajaran Kopasgat, di antaranya Yonko 463 Kopasgat Madiun, Yonko 464 Kopasgat Malang, Denhanud 474 Kopasgat Yogyakarta, Denhanud 476 Madiun dan Denmatra 2 Kopasgat Malang.

Mereka diangkut dengan menggunakan pesawat Hercules TNI AU dan akan menempati Messing Area (MA) Lanud Halim Perdanakusuma selama masa persiapan hingga hari pelaksanaan acara puncak HUT ke-77 TNI AU. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER