Selasa, 27 Februari 2024

TNI AL Kirim Dua KRI untuk Passing Exercise dengan Angkatan Laut Prancis

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI Bung Tomo-357 dan KRI Bubara-868 melaksanakan latihan tahap laut, bersama kapal perang Angkatan Laut Prancis LHD Dixmude (L9015) dan La Fayette (F710) di Perairan Jakarta, Kamis (30/3).

Komandan Guspurla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Heri Triwibowo yang juga sebagai pengendali taktis latihan, memastikan rangkaian kegiatan dapat terlaksana dengan aman dan lancar, sesuai prosedur, memperhatikan keamanan personel dan materiil.

Baca Juga: Akhir Maret 2023 Panglima TNI Mutasi 219 Perwira, Ini Daftar Lengkapnya

Heri mengungkapkan, kegiatan latihan tahap laut atau passing exercise (Passex) adalah momen yang sangat penting, sebagai salah satu implementasi dari peran TNI AL dalam diplomasi angkatan laut.

KRI
(Foto: Dok. Dispenal)

“Passex tersebut sebagai media menjalin komunikasi dan saling pengertian, melatih kerja sama antarpersonel kedua pihak, dan meningkatkan profesionalitas prajurit serta mempererat brotherhood,” ungkapnya dikutip dari keterangan Dispenal, Jumat (31/3).

Singgahnya kapal perang Dixmude dan La Fayette di Jakarta ialah dalam rangka misi Jeanne d’Arc, yakni pelayaran keliling dunia selama lima bulan. Misi tersebut adalah tahap penutup pelatihan akademis para perwira siswa Akademi Angkatan Laut Prancis.

Baca Juga: Panglima TNI Yudo Dianugerahi Gelar Adat Dayak

Terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, menegaskan peningkatan kerja sama di bidang latihan dengan negara sahabat menjadi salah satu prioritas.

“Pengembangan sumber daya manusia secara bilateral dalam bentuk latihan dan pendidikan mutlak harus dilaksanakan dengan negara-negara sahabat,” tegasnya. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER