Jumat, 19 April 2024

Enam Kapal Perang Indonesia Terlibat dalam Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Industri pertahanan tanah air, PT PAL Indonesia mengikutsertakan enam kapal perang buatannya dalam Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Makasar sejak Senin (5/6).

Dalam latihan MNEK yang dibuka oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tersebut, TNI AL membawa 11 alutsista dengan 6 di antaranya buatan PT PAL Indonesia, antara lain 2 kapal kelas Perusak Kawal Rudal (PKR), 2 kapal kelas Bantu Rumah Sakit (BRS), dan 2 kapal kelas Kapal Cepat Rudal (KCR)-60 M.

Baca Juga: Ini Hasil Investigasi Sementara Penyebab Jatuhnya Heli Bell 412 TNI AD

“Lebih dari 50% produk PT PAL turut meramaikan latihan bersama MNEK 2023. PT PAL menjadi simbol bagi industri maritim di Indonesia, tentunya harus juga memberikan satu contoh konkrit dengan produk-produk yang ada. PT PAL harus terus berkembang dan lebih memajukan bisnis dan inovasinya, khususnya dalam mendukung armada TNI Angkatan Laut dan kedaulatan maritim Indonesia,” kata CEO Kaharuddin Djenod melansir laman resmi PT PAL Indonesia.

PT PAL Indonesia, Yudo Margono
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama CEO PAL Kaharuddin Djenod di acara pembukaan MNEK 2023. (Foto: Dok. PT PAL Indonesia)

Dalam kesempatan tersebut, Kaharuddin menyampaikan bahwa dalam waktu dekat, PT PAL Indonesia akan merilis inovasi produk terbaru yang selama ini tengah diramu oleh tim engineering. Inovasi tersebut merupakan wujud dari misi perusahaan yang ingin memenuhi segala aspek teknologi kemaritiman tidak hanya di Indonesia, tapi juga di wilayah ASEAN.

“Beberapa produk baru nantinya akan kita produksi di dalam PT PAL. Selain itu, kita juga akan meningkatkan frekuensi pelaksanaan FGD, khususnya di sektor bilateral antara PT PAL dengan negara-negara sahabat. Sekaligus sebagai kesempatan untuk meningkatkan awareness akan kualitas alutsista matra laut besutan PAL serta kesiapan PAL untuk mendukung armada laut yang mereka butuhkan,” jelasnya.

Baca Juga: Awal Juni 2023, Panglima TNI Mutasi 68 Perwira Tinggi TNI, Ini Daftar Lengkapnya

Hingga kini, PT PAL telah meningkatkan kapabilitas SDM melalui berbagai Transfer of Technology maupun On Job Training dengan mitra global dari berbagai dunia seperti Friedrich Lürssen Werft Jerman (Kapal patroli), Daesun Korea (Kapal Perang Support), DAMEN Belanda (Kapal Kombatan, Light Frigate), DSME Korea (Kapal Selam), Meyer Lurssen Werft Jerman (Kapal Cargo dan Kapal Penumpang) hingga Mitsui Jepang (Kapal Tanker). (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER