Senin, 27 Mei 2024

Empat Hal Ini Masih Jadi Ancaman Keamanan Maritim Asia-Pasifik

BACA JUGA

Makassar, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, mengungkapkan empat hal utama yang masih menjadi ancaman keamanan dan tantangan terbesar maritim Asia-Pasifik.

“Tentu saja untuk keamanan maritim banyak kegiatan ilegal di laut, seperti penangkapan ikan secara ilegal, penyelundupan barang-barang, manusia, kemudian narkoba,” ungkap Ali kepada awak media di Makassar, Selasa (6/6).

Baca Juga: Pentingnya Teknik Renang Rintis bagi Prajurit Marinir dalam Pendaratan Khusus

Terlebih, lanjut Ali, permasalahan ancaman keamanan maritim di wilayah Asia-Pasifik lebih banyak terjadi dengan negara-negara lain yang perbatasan lautnya sangat dekat atau tidak terlalu jauh.

“Ini perlu diantisipasi dengan keamanan maritim bersama. Jadi, kita memadukan kerja sama yang baik antar-angkatan laut dan agensi maritim yang ada di seluruh dunia, maupun di kawasan,” jelasnya.

Baca Juga: IMSS ke-5 di Makassar, Fokus Bahas Keamanan Maritim dan Tanggap Bencana

Sebelumnya, TNI AL menggelar International Maritime Security Symposium (IMSS) 2023 di Makassar. Seminar yang diadakan tiap dua tahun ini adalah yang kelima dilaksanakan, pascasempat tertunda karena pandemi Covid-19.

IMSS pertama dan kedua dilaksanakan di Jakarta pada 2013 dan 2015, pada 2017 diselenggarakan di Bali, dan keempat digelar di Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Seskoal) Jakarta, pada 2021. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER