Jumat, 19 April 2024

Nigeria Beli 24 Pesawat Leonardo M-346FA dari Italia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Nigeria secara resmi mengonfirmasi pembelian 24 unit pesawat tempur ringan Leonardo M-346FA (Fighter Attack) dari Italia. Pesawat ini akan memperkuat dua skuadron tempur Angkatan Udara Nigeria (NAF).

Dilansir dari The Avionist, Selasa (6/6), Pesawat ini merupakan jet tempur ringan multiperan yang dilengkapi radar dan menjadi solusi taktis dengan biaya yang lebih rendah daripada jet tempur lain, namun tetap strategis untuk medan perang modern. Nantinya, M346FA akan menggantikan pesawat serang Alpha Jet yang telah menua.

Baca Juga: Zelensky: Rusia Miliki Jaringan Pemasok Senjata Ilegal

“Pemerintahan ini telah banyak berinvestasi dalam memperlengkapi kembali militer kita sejalan dengan peningkatan platform dan daya tembak yang diperlukan untuk mengatasi tantangan saat ini yang dihadapi di negara ini,” kata Mantan Presiden Nigeria Muhammadi Buhari melalui Twitter Presidency Nigeria.

M-346 pertama kali diluncurkan di Farnborough International Air Show pada tahun 2016. Pesawat ini mengintegrasikan berbagai sistem untuk dukungan taktis dan pertahanan udara seperti tautan data taktis, sistem pertahanan diri, radar pengintaian dan penargetan Grifo-M-346.

Baca Juga: Turki Kirim Pasukan untuk Bantu Meredam Konflik di Kosovo

Pesawat ini juga dilengkapi rudal udara-ke-udara IRIS-T dan AIM-9, pod senjata 12,7 mm, bom berpemandu laser GBU-12 dan GBU-49, JDAM (Joint Direct Attack Munitions), Brimstone dan Marte ER dan pod pengintaian RecceLite.

Beberapa negara lain yang mengoperasi M346 saat ini yaitu Angkatan Udara Italia, Israel, Singapura, Yunani, Turkmenistan, dan Polandia. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER