Sabtu, 15 Juni 2024

Denmark Tambah Bantuan Militer ke Ukraina Hingga $2,59 Miliar

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Denmark berencana meningkatkan anggaran bantuan militer untuk Ukraina hingga 17,9 miliar krona Denmark atau sekitar $2,59 miliar dalam kurun waktu dua tahun. Bantuan tersebut merupakan wujud komitmen membantu Ukraina memukul mundur pasukan Rusia.

Dilansir dari AA, Senin (5/6), Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen mengumumkan bahwa dana tersebut akan diberikan dalam dua tahap. Sebanyak 7,5 miliar krona akan diberi pada akhir tahun ini, sementara 10,4 miliar krona digelontorkan mulai tahun depan.

Baca Juga: Militer AS Peringatkan Bahaya Teknologi Kecerdasan Buatan

Rencana itu disampaikan menjelang agenda kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken ke sesama negara Nordik seperti Norwegia, Swedia dan Finlandia.

Hingga kini, negara dengan populasi kurang dari 6 juta orang itu telah mengumpulkan dana sebanyak $1 miliar dalam bentuk bantuan militer, sipil, maupun finansial untuk Ukraina. Frederiksen sendiri diisukan berpotensi menjadi calon ketua Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang baru.

Baca Juga: AS Sebut Kapal Perang Cina Kembali Lakukan Konfrontasi di Perairan Internasional

“Kontribusi besar ini akan semakin memperkuat kemampuan tempur Angkatan Bersenjata Ukraina dalam jangka pendek dan menengah. Kekuatan kita ada di persatuan,” kata Zelenskyy menanggapi bantuan Denmark melalui Twitternya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER