Jumat, 19 April 2024

AS Sebut Kapal Perang Cina Kembali Lakukan Konfrontasi di Perairan Internasional

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menyebutkan bahwa kapal perang Luyang III (DDG 132) Cina telah melakukan tindakan konfrontatif, berupa berlayar mendekati kapal perusak AS dalam jarak hanya 137 meter.

Dilansir dari Pacom.mil, Senin (5/6), Komando Indo-Pasifik AS menjelaskan, kapal Cina tersebut telah sengaja memotong lintasan kapal perusak milik USS Chung-Hoon ketika angkatan laut AS sedang transit bersama HMCS Montreal Kanada di perairan internasional Selat Taiwan pada Sabtu (3/6).

“Selama transit, PLA(N) LUYANG III DDG 132 (PRC LY 132) melakukan manuver dengan cara yang tidak aman di sekitar Chung-Hoon,” demikian pernyataan dari Komando Indo-Pasifik AS.

Baca Juga: Belanda Berencana Pasok 96 Tank Leopard 1 ke Ukraina

Menurut Komando Indo-Pasifik AS, kapal perang Luyang III (DDG 132) Cina mendekat dari sisi kiri kapal USS Chung-Hoon hingga hanya berjarak sekitar 137 meter. Kapal itu pun terpaksa mengurangi laju menjadi 10 knot untuk menghindari tabrakan.

“RRC LY 132 menyusul Chung-Hoon di sisi kiri mereka dan memotong haluan mereka pada jarak 150 yard (137 meter). Chung-Hoon mempertahankan jalurnya dan melambat hingga 10 knot untuk menghindari tabrakan,” kata pernyataan itu.

Tindakan konfrontatif itu disebut membahayakan dan melanggar aturan berlayar di laut internasional.

Baca Juga: Militer AS Peringatkan Bahaya Teknologi Kecerdasan Buatan

“Titik pendekatan terdekat LY 132 adalah 150 yard dan tindakannya melanggar ‘Aturan Jalan’ maritim untuk jalur aman di perairan internasional,” kata Komando Indo-Pasifik.

Kejadian ini merupakan yang kedua kali dalam satu minggu terakhir. Sebelumnya, Menteri Pertahanan Cina Li Shangfu menilai bahwa AS seringkali melakukan konfrontasi dan merusak stabilitas perdamaian di kawasan Indo-Pasifik. Angkatan Laut Cina pun menegaskan, pihaknya menangani konfrontasi AS sesuai dengan peraturan yang berlaku. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER